Pengemudi Ojol Tuntut Bank dan Leasing

PURWOREJO, SM Network – Puluhan sopir ojek online mobil yang tergabung dalam Koperasi Matrap memgeluhkan kebijakan bank dan leasing yang masih menuntut pembayaran cicilan ditengah situasi Covid-19. Beberapa dari mereka bahkan masih dibebani biaya tambahan hingga ratusan ribu rupiah setiap bulanya.

Koordinator Koperasi Matrap, Yahya, mengungkapkan, pihaknya akan melakukan gugatan ke pengadilan untuk mendapat keringanan atau relaksasi cicilan sebagaimana yang pernah dijanjikan oleh Presiden RI, Jokowidodo, melalui pidatonya beberapa waktu lalu. Disebutkan bahwa ojol mendapat penangguhan cicilan selama satu tahun.

“Kami sudah berkonsultasi dengan Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI) untuk mengajukan gugatan. Jumlah kami ada 21 orang,” katanya, Minggu (17/05/2020), usai melakukan koordinasi masalah ini di RM ACC Bayan.

Tuntutan ini, kata Yahya, mempertimbangkan keberatan yang dialami sebagian besar pengemudi ojek online. Ia mencontohkan, anggotanya ada yang dibebani lima puluh persen dari biaya pokok cicilan, serta harus membayar uang administrasi Rp 300.000, setiap bulanya.

Sementara itu, Ketua LPKNI Purworejo, Agus Triatmoko, mengaku pihaknya siap menampung aspirasi para pengemudi ojek online tersebut. Menurutnya, para pengemudi online yang memiliki cicilan kendaraan ini merupakan konsumen yang harus dipenuhi hak-haknya.

“Mereka berhak mendapatkan keringanan, dalam hal ini penangguhan cicilan sesuai pidato bapak presiden beberapa waktu lalu. Kami akan mengajukan gugatan Class action kepada leasing dan perbankan untuk menangguhkan cicilan selama satu tahun,” katanya.

Agus menyebutkan, gugatan ini dilayangkan kolektif secara nasional. Sebanyak 1.350 pengemudi online menjadi peserta dalam gugatan tersebut. Pihak LPKNI juga memberikan kartu identitas kepada peserta yang ikut menggugat untuk memberikan jaminan perlindungan hukum.

“Misalkan ditagih oleh pihak Bank atau Leasing, peserta tidak membayar dulu tidak apa-apa, karena menunggu kepastian hukum, dan tidak perlu kawatir kendaraanya akan disita,” ujarnya.


Heru Prayogo

1 Komentar

  1. 621476 586934I discovered your blog web site on google and check a couple of of your early posts. Proceed to keep up the outstanding operate. I just extra up your RSS feed to my MSN News Reader. In search of ahead to studying extra from you in a even though! 912431

Tinggalkan Balasan