Pengelola Wisata Siapkan Masa New Normal

KEBUMEN, SM Network – Menjelang dibukanya kembali objek wisata di Kebumen di masa new normal, sejumlah persiapan dilakukan oleh para pengelola.

Salah satunya Benteng Van Der Wijck Gombong, Kebumen yang menggelar simulasi new normal dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Selasa (14/7).

Simulasi tersebut digelar atas kerjasama dengan tim pendisiplinan Covid-19 Gombong. Hadir General Manager Benteng Van Der Wijck Gombong Herwin Munadi, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Gombong Bambang Priyambodo, Anggota Polsek dan Koramil, tim medis dan sukarelawan.

Herwin Kunadi menjelaskan, simulasi tersebut untuk kesiapan new normal sekaligus memberikan edukasi kepada wisatawan yang hendak datang ke tempat wisata di masa tatanan baru atau new normal nanti.

“Adapun beberapa hal penting yang harus diketahui masyarakat ketika berkunjung ke tempat wisata di antaranya wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Di antaranya menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang disediakan dan memeriksakan suhu tubuh sebelum memasuki area wisata.

Pihak pengelola juga menerapkan phisical distancing bagi para pengunjung di setiap wahana. Tak hanya itu saja, pengelola juga menempatkan petugas di sejumlah titik di kompleks Benteng Van Der Wijck untuk mengingatkan pengunjung terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Terkait batasan jumlah pengunjung dan harga tiket, Herwin mengatakan masih seperti biasa, yakni satu paket Rp 25.000. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat ynag ingin berkunjung ke tempat wisata agar mengikuti anjuran pemerintah,” terangnya.

Lebih lanjut, new normal bukan berarti korona telah berakhir. Namun justru masyarakat harus lebih menjaga kedisiplinan hidup bersih agar terbebas dari Covid-19.

Sementara itu, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Gombong Bambang Priyambodo mengungkapkan, memasuki new normal, masyarakatnya telah mengikuti pembelajaran atau uji latih.

Di mana tahapan tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Manunggal Gombong. “Jadi, kesiapannya dilakukan bersama-sama,” jelas Bambang yang Pensiunan Camat Ayah itu.


Arif Widodo/K5

Tinggalkan Balasan