SM/Dananjoyo - JALAN RAYA : Kendaraan berplat nomor luar Jakarta (B) melintasi perbatasan Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (14/9).

JOGJAKARTA, SM Network – Personel Satuan Polisi Pamong Praja Daerah Istimewa Yogyakarta (Satpol PP DIY) bersama Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di lima kabupaten/kota diminta untuk memperketat pengawasan kedisiplinan setiap pendatang atau pemudik dari DKI Jakarta untuk mematuhi aturan isolasi mandiri 14 selama hari.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, di Yogyakarta.

“Seluruh anggota Satlinmas sudah kami minta melakukan pengawasan setiap pendatang atau pemudik untuk melakukan isolasi mandiri,” katanya.

SM/Dananjoyo – JALAN RAYA : Kendaraan berplat nomor luar Jakarta (B) melintasi perbatasan Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (14/9).

Menurut Noviar, pengetatan pengawasan itu sesuai dengan instruksi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY dalam mengantisipasi lonjakan pemudik menyusul kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan di DKI Jakarta.

Personel linmas bersama Babinsa dan Babinkamtibmas di seluruh desa, lanjutnya, akan memastikan setiap pemudik yang datang dari luar daerah, terutama dari DKI Jakarta agar melakukan isolasi mandiri hingga 14 hari sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

“Setiap pendatang harus betul-betul diam di rumah, tidak boleh keluar-keluar saat melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

SM/Dananjoyo – JALAN RAYA : Kendaraan berplat nomor luar Jakarta (B) melintasi perbatasan Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (14/9).

Ia menambahkan, sanksi sosial hingga denda sesuai dengan peraturan bupati (Perbup) maupun peraturan walikota (Perwal) akan diberikan apabila ketentuan itu dilanggar.

“Kami telah menginstruksikan seluruh linmas untuk mengawasi sejak Sabtu (12/9) hingga waktu yang belum ditentukan,” tambahnya.

Ia juga meminta seluruh warga DIY bekerja sama melaporkan setiap adanya pemudik di lingkungan masing-masing kepada pengurus RT setempat.

“Segera lapor apabila ada keluarga yang mudik ke Ketua RT supaya RT memerintahkan untuk isolasi mandiri dan linmas akan mengawal,” kata dia.

Masyarakat diharapkan menjadi garda terdepan pencegahan COVID-19, termasuk melaporkan setiap kerumunan yang berpotensi melanggar penerapan protokol kesehatan melalui Hotline Satpol PP.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here