Pendaftaran Bapaslon Terapkan Protokol Kesehatan

PURWOREJO, SM Network – Pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati yang akan mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Purworejo harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Proses pendaftaran Bapaslon ke KPU Purworejo akan dilaksanakan 4 hingga 6 September mendatang.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Purworejo, Widya Astuti, mengatakan bahwa sesuai PKPU No 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus disease 2019 (Covid-19), maka tata cara penyerahan dokumen pendaftaran Bapaslon dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Parpol atau gabungan parpol yang akan mendaftarkan Bapaslon harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten untuk menyampaikan rencana waktu mendaftarkan.

Tata cara pendaftaran Bapaslon sesuai dengan ketentuan dalam PKPU No 6 Tahun 2020, hanya dihadiri oleh ketua dan sekretaris parpol maupun gabungan parpol pengusul dan bakal pasangan calon.

“Namun, KPU Kabupaten dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan meyiarkan secara langsung kegiatan pendaftaran Bapaslon untuk disaksikan oleh tim pendukung, pemantau pemilihan, media dan masyarakat dari kediaman masing-masing,” kata Widya Astuti.

Widya menambahkan, persyaratan pencalonan untuk Parpol atau gabungan Parpol yakni memperoleh paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah bagi Partai yang memperoleh kursi di DPRD pada Pemilu terakhir. Sedangkan syarat pencalonan dari jalur perseorangan adalah harus memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran, yakni sejumlah 46.096 pendukung yang tersebar paling sedikit di 9 kecamatan.

“Syarat pencalonan dan syarat calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo beserta formulir yang harus diserahkan, sesuai dengan yang ada di lampiran PKPU Nomor 1 Tahun 2020,” imbuhnya.

Ketua KPU Purworejo melalui Divisi Sosdiklih Parmas SDM dan Kampanye, Akmaliyah, menyampaikan bahwa tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Purworejo dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 September 2020 dan penatapan paslon pada 23 september 2020. Dalam tahapan pendaftaran calon ini ada syarat pencalonan dan syarat calon yang harus dipenuhi.

“Harapannya semua syarat-syarat yang telah diatur dalam Peraturan KPU tentang pencalonan bisa dipahami secara utuh dan bisa segera diproses kelengkapannya serta dapat dipenuhi ketika masa pendaftaran,” katanya.

Tinggalkan Balasan