SM/Asef F Amani - TINJAU TPS: Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito bersama sejumlah pejabat meninjau pelaksanaan pencoblosan di TPS 14 Kelurahan Jurangombo Utara.

MAGELANG, SM Network – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito memastikan jalannya pemungutan suara di tiap tempat pemungutan suara (TPS) berjalan lancar dan kondusif, Rabu (9/12). Antusiasme pemilih pun dinilai besar, sehingga optimis angka partisipasi pemilih tinggi.

Hal itu diungkapkan Sigit usai meninjau tiga TPS yang tersebar di tiga kecamatan. Pertama, ia meninjau TPS 03 Kelurahan Jurangombo Utara, lalu TPS 14 Kelurahan Potrobangsan, dan TPS 04 Kelurahan Gelangan. Dalam tinjauan, ia didampingi Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, dan sejumlah pejabat

“Saya lihat situasinya kondusif baik saat yang meninjau langsung maupun pada hari sebelumnya yang ditinjau oleh Pak Sekda,” ujarnya.

Ia menuturkan, selain situasi yang kondusif, juga di tiap TPS sudah menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Semua alat-alat penunjang protokol kesehatan digunakan dengan semestinya.

“Nah ini yang beda, tidak ada kerumunan di TPS, karena sudah ada pembagian jadwal pemilih untuk datang ke TPS. Pemilih datang bergiliran sesuai jam di undangan, jedanya ada yang setengah jam ada yang satu jam. Jadi, benar-benar tidak ada kerumunan,” katanya.

Hal ini berarti, kata Sigit, apa yang sudah dirapatkan dan dikoordinasikan jauh-jauh hari telah dilaksanakan dengan baik pada saat pencoblosan. Ia pun mengapresiasi para petugas di tiap TPS yang sudah menerapkan prokes dengan ketat, sehingga jangan sampai terjadi klaster TPS.

Terkait antusiasme warga dalam memilih, ia menilai, masyarakat luar biasa menyambut Pilkada ini. Ia mencontohkan di satu TPS, jumlah pemilih total berkisar 400 pemilih, dan yang sudah menggunakan hak pilihnya sekitar 300 pemilih.

“Padahal, waktunya masih tersisa sekitar dua jam. Artinya, pemilih bersemangat datang ke TPS untuk memilih. Kalau sudah begini, kita optimis tingkat partisipasi di Kota Magelang dapat mencapai angka tinggi,” jelasnya.

Senada disampaikan Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina yang turut dalam rombongan bahwa, ia melihat antusiasme warga untuk memilih besar. Ia pun berharap tingkat partisipasi di Pilkada tahun 2020 ini mencapai angka tertinggi.

“Kita harus optimis itu, dan saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah antusias datang ke TPS untuk mencoblos,” ungkapnya.