Pencairan JPS dari APBD Tunggu Bantuan Kemensos Tuntas

MAGELANG, SM Network- Pemkot Magelang masih menunggu selesainya 12 tahap penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Setelah usai, maka pencairan dana bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari APBD Kota Magelang untuk korban pandemi Covid-19 dapat dilakukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, Pemkot Magelang telah merampungkan realokasi APBD 2020 untuk penanganan Covid-19. Nilainya mencapai Rp 137 miliar berupa Belanja Tak Terduga (BTT) yang digunakan untuk mengatasi sejumlah sektor yang terdampak pandemi, dari hasil rasionalisasi anggaran.

“Khusus untuk pencairan yang dari APBD kita menunggu distribusi bantuan Kemensos tuntas dulu. Total ada 12 tahap dari Kemensos ini,” ujarnya, Sabtu (30/5).

Dia menuturkan, pihaknya telah mendata sebanyak 12.000 KK yang terdampak perekonomiannya akibat pandemi corona. Mereka dijamin akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya pada periode April, Mei, dan Juni.

“Kekurangan yang belum mendapatkan bantuan dari Kemensos itu akan dibantu lewat JPS BTT Kota Magelang. Pencairannya setelah dari Kemensos selesai,” katanya.

Menurutnya, jika memaksakan penyaluran JPS APBD Kota Magelang dilakukan sekarang, dikhawatirkan akan terjadi tumpang tindih data. Sehingga, pencairan dilakukan nanti guna menghindari duplikasi data.

“Kita semangatnya adalah berkeadilan. Memang harus lebih sabar. Tapi saya jamin bantuan akan tepat sasaran dan tepat manfaat,” tegasnya.

Meski akan dicairkan setelah bantuan dari Kemensos tuntas dan berpeluang warga mendapatkan akumulasi per tiga bulan, Joko menegaskan, pihaknya akan menggunakan skema pencairan secara bertahap. Hal ini untuk menghindari tingkat konsumtif warga yang naik drastis di tengah pandemi.

“Apalagi ada rencana new normal, praktis kita akan mengambil kebijakan pencairan bantuan langsung ini secara bertahap. Tidak memakai sistem bayar rapelan, karena khawatir masyarakat jadi konsumtif,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih mengutarakan, alokasi bantuan Kemensos RI terdata sebanyak 8.329 KK. Saat ini penyaluran bantuan sampai pada tahap ke-7.

“Kemensos punya agenda pencairan sampai tahap ke-12. Pada tahap pertama di Kota Magelang lewat rekening 237 KK, sedangkan lewat Kantor Pos 7.795 KK. Rencana lewat Kantor Pos lagi sebanyak 261 KK,” paparnya.

Dia menambahkan, bantuan dari APBD Kota Magelang memang harus menunggu penyaluran dari Kemensos selesai. Hal ini agar tidak ada KK yang mendapatkan dua bantuan sekaligus.

“Pencairan bantuan JPS dari APBD Kota Magelang tetap harus menunggu penyaluran dari Kemensos selesai agar tidak terjadi tumpang tindih. Data KPM ini tidak mutlak 12.000 KK, tetapi bisa berubah-ubah. Kita masih terus mengontrol agar KPM ini benar-benar tepat sasaran,” ungkapnya.


Asef Amani

4 Komentar

  1. 633969 843671Very clean internet site , thanks for this post. 882920

  2. 454289 90895Numerous thanks for this specific information I was basically browsing all Search engines to discover it! 767908

  3. 292342 135808Just what I was searching for, appreciate it for posting . 615324

  4. 925528 350711a great deal lately with my father so hopefully this will get him to see my point of view. Fingers crossed! mortgage banker new york 488052

Tinggalkan Balasan