Pemkot Magelang Tambah Modal Usaha Simpan Pinjam

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang menambah modal usaha simpan pinjam kepada Kelompok Khusus Usaha dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K) PKK Kelurahan Se-Kota Magelang. Bantuan senilai total Rp 85 juta itu disalurkan melalui Kelompok Usaha UP2K-PKK di 17 kelurahan.

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina di Aula Kantor Kecamatan Magelang Utara. Windarti berpesan agar bantuan ini dapat dikelola sebaik-baiknya.

Juga dimanfaatkan secara optimal untuk perluasan kesempatan usaha bagi keluarga maupun pengusaha ultra mikro yang membutuhkan. Hal ini mengingat tak dipungkiri pandemi Covid-19 tidak hanya berimbas pada kesehatan, tapi juga sosial, budaya, dan perekonomian masyarakat.

“Bantuan modal ini stimulus untuk memperkuat kelompok-kelompok UP2K-PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” ujarnya.

Dia menuturkan, sejalan dengan bantuan modal ini, penting juga untuk memberikan dukungan berupa pembinaan terhadap kelompok UP2K-PKK di setiap kelurahan. Hal itu untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman dan motivasi bagi ibu-ibu agar terus meningkatkan kegiatan berusaha, baik secara perorangan maupun kelompok.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong kelompok khusus UP2K-PKK terus membangun motivasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, yakni membimbing, menggerakan, mengevaluasi dan mengembangkan kegiatan kelompok-kelompok pelaksana sejak persiapan, pelaksanaan, dan pengembangan usaha.

Kemudian, membantu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi kelompok-kelompok pelaksana yang meliputi bidang produksi, pemasaran, dan penambahan dana. Lalu mengatur kelancaran usaha, mencatat, menyimpan pengembalian dana usaha, iuran pengelolaan, dan menyampaikan laporan data perkembangan kegiatan kelompok secara berkala.

“Insya Allah UP2K-PKK dapat menunjukkan kiprahnya dalam menjaga ketahanan keluarga dan berkontribusi dalam ketahanan ekonomi untuk mewujudkan ketahanan nasional,” katanya.

Windari mengapresiasi ibu-ibu PKK yang tidak kenal lelah menggelar kegiatan dari arisan, posbindu, posyandu, hingga kegiatan kelurahan. Semua kegiatan ini untuk Kota Magelang.

“Saya atas nama pribadi dan juga Pemerintah Kota sangat mengapresiasi semangat dari ibu-ibu di tiap-tiap kelurahan,” ungkapnya.

Selain bantuan modal usaha, Pemkot Magelang juga memberikan bantuan pelindung wajah untuk Poksus UP2K-PKK di setiap kelurahan. Bantuan ini sengaja diberikan tidak bersamaan dengan bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi agar bantuan tersalurkan merata dan tepat sasaran.

“Pandemi Covid-19 adalah ujian bagi semua orang saat ini, namun tidak boleh kehilangan harapan. Masyarakat seyogyanya mendukung dan mematuhi instruksi pemerintah menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan