Pemkot Magelang Pastikan Tak Ada Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang memastikan tidak ada kegiatan pesta kembang api di malam pergantian tahun nanti seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, kemeriahan akan diganti dengan pertunjukan seni dan doa bersama secara virtual pada Kamis (31/12) malam.

Hal itu dikatakan Asisten 3 Setda Kota Magelang, Taufiq Nurbakin di kantornya, Kamis (17/12). Tidak adanya pesta kembang api ini karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Karena Covid-19, kita tiadakan pesta kembang api yang biasanya menjadi acara tutup dan buka tahun,” ujarnya.

Dia pun mengimbau, kepada masyarakat untuk menyaksikan berbagai pentas kesenian secara virtual tersebut dari rumah. Sebab, pemerintah tidak memfasilitasi tempat untuk pengunjung secara langsung.

“Tidak ada kerumunan yang kita harapkan. Masyarakat diminta menonton dan berdoa bersama melalui rumah masing-masing. Untuk tempat (pertunjukan seni) belum ditentukan,” katanya.

Taufiq mengutarakan, pihaknya akan mengkaji segala kemungkinan agar tak membuat kerumunan. Misalnya di alun-alun.

“Di Alun-alun dan tempat-tempat lain yang berpotensi terjadi kerumunan bisa saja ditertibkan,” tuturnya.

Pemkot, katanya, akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk menghindari potensi kerumunan massa. Dia juga berharap, seluruh elemen masyarakat turut mendukung kebijakan Pemkot Magelang dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Harapannya kalau pemerintah sudah jelas meniadakan pesta kembang api demi mengantisipasi potensi kerumunan, hal yang sama juga dilakukan oleh seluruh pihak. Segera kami akan bahas ini, termasuk juga perayaan Natal nanti,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan melalui Kasubag Humas Iptu Suharto mengaku belum ada arahan soal rencana pengamanan Natal dan Tahun Baru. Termasuk soal rencana razia mencegah kerumunan massa di malam pergantian tahun nanti.

“Belum ada. Nanti kalau sudah kami kabari,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan