Pemkab Wonosobo Kalkulasi Rencana PSBB

WONOSOBO, SM Network – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo mengkaji wacana pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayahnya. Hal tersebut mencuat setelah Wonosobo menjadi satu dari tiga daerah di Jawa Tengah yang masuk zona merah penyebaran Virus Corona bersama tiga daerah lain yakni Kota Semarang dan Kota Solo.

“Untuk PSBB di Wonosobo masih kita kalkulasi terlebih dulu. Dampak-dampaknya nanti seperti apa dan faktor lainnya,” ujar Sekretaris Daerah Wonosobo One Andang Wardoyo baru-baru ini.
Untuk menekan penyebaran Covid-19, Pemkab Wonosobo gencar melakukan sosialisasi terkait pengetatan pembatasan sosial di sejumlah pusat perbelanjaan, hal itu dilakukan mengingat masih banyak orang berkerumun ketika belanja. Tak hanya itu, pedagang yang berjualan di los pasar juga diberi jarak sekitar 1 meter. Termasuk pedagang di pasar pagi.

“Untuk membatasi orang yang berada di pasar, jumlah pedagang yang berjualan digilir. Jadi hari ini jualan, besoknya tidak. Saat ini kami masih melakukan sosialisasi. Tetapi kalau memungkinkan, besok ini pengetatan sosial ini sudah bisa diterapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Andang mengatakan, selain memberikan sosialisasi, pihaknya terus melakukan tracking terhadap orang-orang yang memiliki risiko tinggi tertular oleh pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19.”Saya minta kesadaran masyarakat salah satunya harus jujur saat diperiksa. Jangan sampai membohongi petugas kesehatan,” harap Andang.

Dari data Covid-19 Kabupaten Wonosobo Minggu (26/4), pasien terkonfirmasi Covid-19 jumlahnya masih berada pada angka 23 pasien dengan total jumlah pasien sembuh satu orang. Namun, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus bertambah dengan jumlah PDP 100 orang dan ODP mencapai 2201.

Dari 23 pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, 16 di antaranya merupakan klaster Ijtima tabligh akbar di Gowa, Sulawesi Selatan. Tak hanya transmisi penularan dari luar daerah, sedikitnya empat pasien positif tertular melalui transmisi local.

“Untuk jumlah keseluruhan 23 orang. Dari jumlah itu, memang didominasi yang dari Gowa Sulawesi Selatan sejumlah 16 orang,” pungkas Andang.


Adhib Annas M

2 Komentar

  1. 670211 969241No much more s . All posts of this qaulity from now on 785601

  2. 388251 298790This internet site may be a walk-through for all of the details you wanted in regards to this and didnt know who to question. Glimpse here, and you will surely discover it. 444711

Tinggalkan Balasan