Pemkab Wonosobo Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

WONOSOBO, SM Network – Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo menjamin stok ketersediaan bahan pokok dan penting aman paling tidak sampai tiga bulan kedepan.

Hal tersebut dipastikan setelah Bagian Perekonomian Setda bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Satpol PP dan Polres Wonosobo melakukan monitoring ke gudang bulog dan beberapa distributor sembako lainnya pada Rabu (01/04/2020).

“Hari ini kita lakukan monitoring untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan penting masyarakat di beberapa gudang, baik milik bulog maupun beberapa distributor besar di wilayah Wonosobo,” ujar Kabag Perekonimian Setda Wonosobo, Siti Nuryana saat dimintai keterangan seusai monitoring.

Lebih lanjut Siti Nuryana mengatakan, sasaran monitoring kali ini adalah gudang Perum Bulog di Sawangan, gudang milik Indomarco, CV Sumber Makmur, toko Sri Rejeki, toko beras Pandan Wangi, Sariwangi dan Lariso. Kebutuhan pokok yang dipantau stoknya, lanjutnya, adalah beras, gula pasir, minyak goreng, mie dan tepung.

“Secara umum ketersediaan bahan pokok yang kita pantau aman dan distribusinya juga lancar tidak ada kendala. Gula pasir yang sempat diisukan langka itu juga stoknya aman dan distribusinya lancar. Harga gula pasir juga turun sekitar 500 sampai 700 rupiah menjadi Rp 16.000 per kilogram untuk harga grosir,” bebernya.

Menurutnya, jumlah stok beras di Perum Bulog di Wonosobo ada 211 ton dan awal bulan April ini akan ada tambahan sejumlah 300 ton. Sementara untuk stok beras di Karesidenan Kedu ada 6.000 ton. Untuk stok beras di tiga distributor besar ada kurang lebih 65 ton. Sedangkan stok gula pasir di dua distributor besar ada 20 ton.

Pihaknya juga memastikan stok bahan kebutuhan pokok di Wonosobo aman hingga tiga bulan kedepan untuk menghadapi wabah virus corona. Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dengan isu-isu tidak benar yang beredar terkait ketesediaan bahan pokok selama wabah virus corona.

Siti menambahkan, dengan kondisi wonosobo saat ini ketersediaan bahan pokok dan penting masih aman untuk beberapa bulan kedepan. Namun ketika terjadi karantina wilayah, stok yang ada saat ini belum cukup dan akan dilakukan monitoring kembali ketika kebijakan tersebut dilakukan.

“Masyarakat tidak perlu takut, tidak usah memborong dan menimbun karena ketersediaan bahan pokok di Wonosobo dijamin aman dalam menghadapi pandemi virus corona,” pungkasnya.


SM Network/Kim

2 Komentar

  1. 667450 669590Pretty section of content. I just stumbled upon your internet site and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your weblog posts. Any way Ill be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly. 425715

  2. 897023 726514Why didnt I consider this? I hear exactly what youre saying and Im so happy that I came across your blog. You actually know what youre talking about, and you produced me feel like I really should learn more about this. Thanks for this; Im officially a huge fan of your blog 28210

Tinggalkan Balasan