SM Network – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung menyiapkan setidaknya tiga lokasi untuk karantina warga suspek virus corona. Pemkab masih mencari lokasi lain yang memungkinkan sebagai tempat karantina.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan tiga lokasi yang ditetapkan sebagai lokasi karantina adalah Balai Latihan Kerja (BLK) Temanggung, gedung pemuda dan gedung juang.

“Yang telah digunakan BLK Temanggung, gedung lainnya sedang dipersiapkan,” kata dia, Senin (27/4).

Dia menyampaikan di BLK Temanggung kapasitasnya ada 15 kamar yang masing-masing kamar ada 4 tempat tidur dan tempatnya bisa disterilkan dari akses umum sehingga bisa menampung 60 orang kalau dipenuhi semua.

Dikatakan jika kapasitas BLK penuh dengan peningkatan jumlah kasus positif di Kabupaten Temanggung maka pihaknya menyiapkan Gedung Pemuda untuk dijadikan rumah karantina berikutnya.

“Kalau di BLK kapasitasnya 60 orang maka di Gedung Pemuda kapasitasnya bisa mencapai sekitar 80 orang,” katanya.

Dia mengatakan Pemkab Temanggung merencanakan menyiapkan rumah karantina hingga kapasitas untuk 400 orang. Gedung lain yang juga akan dipersiapkan adalah gedung juang, yang diperkirakan menampung sekitar 50 orang

” Kami terus melakukan inventarisasi dan juga mencari tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat karantina. Tidak hanya gedung milik pemerintah tetapi juga gedung milik swasta,” katanya.

Dia menyampaikan pihaknya juga sedang melangkah menyiapkan RSUD kabupaten Temanggung menuju pada 100 tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19.

Hal ini dengan asumsi kalau 400 suspect corona dan positif seperempatnya maka RSUD disiapkan 100 tempat tidur untuk perawatan. Semoga ini semuanya tidak terisi, semoga tidak banyak yang terkena virus corona di Kabupaten Temanggung,” katanya. 


SM Network/kr

1 KOMENTAR