Pemkab Temanggung Kucurkan Rp 464 Juta untuk Benih Padi

TEMANGGUNG, SM Network – Untuk mendukung ketahanan pangan bagi masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Temanggung mengucurkan dana sebesar Rp 464 juta. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu pembelian benih padi hibrida bagi petani guna mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Untuk mendukung ketahanan pangan diperlukan peningkatan produksi dan produktivitas komoditas tanaman pangan, salah satunya dengan pemberian bantuan benih padi pada para petani. Bantuan sebesar Rp 464 juta untuk membantu pembelian benih padi hibrida berasal dari anggaran mendahului perda tentang perubahan APBD 2020 yang telah disetujui DPRD,”ujarnya kemarin.

Menurut dia, dengan adanya bantuan ini petani di Kabupaten Temanggung bisa mengurangi biaya produksi untuk periode Juli-Oktober 2020. Adanya pandemi korona ini ketahanan pangan adalah hal penting sebab dampak yang perlu diantisipasi memang kemungkinan terjadinya krisis pangan pada periode mendatang.

“Krisis ini kita tidak akan tahu sampai kapan, maka yang perlu diantisipasi adalah kemungkinan terjadinya krisis pangan. Maka adanya bantuan ini setidaknya bisa menjamin ketersediaan pangan masyarakat kabupaten Temanggung khususnya beras di masa pandemi,”katanya.

Untuk ketahanan pangan dalam bentuk lain Hadik pun mengingatkan akan pentingnya program tani pekarangan. Program ini bisa dilakukan setiap rumah tangga dengan menanam tanaman seperti sayur mayur di halaman rumah sendiri, atau bisa saja menggunakan polybag. Melalui cara ini setidaknya masyarakat bisa bertahan jika memang nantinya dampak pandemi berdampak pada krisis ekonomi dan berlanjut pada krisis cadangan pangan.


Raditia Yoni Ariya/K41

Tinggalkan Balasan