Pemkab Sleman Raih Penghargaan KPAI

SLEMAN, SM Network – Pemerintah Kabupaten Sleman menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan anak dan melaporkan capaian berbasis Sistem Informasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP).

Seremoni penyerahan penghargaan digelar secara virtual lewat video conference di Ruang Smartroom Diskominfo Sleman, Rabu (22/7), sekaligus bertepatan peringatan Hari Anak Nasional. Selain Kabupaten Sleman, anugerah dan penghargaan KPAI 2020 juga diberikan kepada Kota Yogyakarta dan Provinsi DIY.

Turut hadir dalam acara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Kapolda Metro Jaya, serta disaksikan para kepala daerah se-Indonesia secara virtual.

Ketua KPAI Susanto mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendorong sistem perlindungan anak Indonesia. Hal ini sesuai dengan mandat pasal 76 Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Anugerah KPAI Tahun 2020 diberikan kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota, organisasi profesi kesehatan, institusi penegak hukum, guru yang responsif terhadap perlindungan anak, KPAD, anak inspiratif serta forum anak,” ujarnya.

Ditemui usai video conference, Bupati Sleman Sri Purnomo mengungkapkan, capaian ini adalah hasil dari kerjasama seluruh stakeholder dalam hal perlindungan anak dan perempuan di wilayah Sleman. Upaya Pemkab untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak, salah satunya berupa penandatanganan MoU dengan aparat penegak hukum terkait dengan perlindungan hak anak dalam peradilan pidana anak.

“Ke depannya, kami akan terus meningkatkan pelayanan terkait pemenuhan hak anak,” kata Sri.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AP2KB Sleman Mafilindati Nuraini menjelaskan penghargaan ini diraih berkat inovasi Pemkab Sleman yakni membentuk Forum Komunikasi Sistem Peradilan Pidana Anak. Konkretnya berupa penandatanganan MoU antara Pemkab bersama kepolisian, kejaksaaan, pengadilan, Kemenag, dan Bapas.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan