Pemkab Sleman Dampingi UMKM di Tengah Pandemi

SLEMAN, SM Network – Kondisi pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak bagi pelaku UMKM. Tidak sedikit usaha yang terpaksa gulung tikar lantaran melemahnya daya beli masyarakat.

Menanggapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya membantu dan mendampingi UMKM agar tetap bisa bertahan. Salah satu upayanya adalah membantu mempromosikan produk yang dibutuhkan di masa pandemi awal melalui strategi online. “Selain itu dilakukan pendampingan bagi IKM produk masker untuk ikut dalam pengadaan barang dan jasa,” tutur Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Dwi Wulandari, Sabtu (18/7).

Upaya lainnya adalah memberikan penangguhan angsuran dana penguatan modal selama enam bulan sejak April lalu sampai dengan September mendatang. Disperindag juga merangkul beberapa aplikasi penyedia jasa transportasi online untuk mendukung pengiriman produk UMKM.

Salah satu pelaku UMKM sekaligus pemilik grosir souvenir dan kerajinan batik, Sushandoyo mengungkapkan, produksi di tempatnya menurun drastis sejak awal terjadi wabah Covid 19. “Sekitar awal tahun 2020, banyak order yang ditunda baik untuk produksi maupun pengiriman,” ujarnya.

Kondisi tersebut berlangsung sampai bulan Juni 2020. Supaya tetap bertahan, dia beralih usaha dengan menerima pemesanan masker dan Alat Pelindung Diri (APD).

“Kita produksi masker dan APD, malah satu hari bisa laku sampai 250 pieces,” jelasnya.

Pada bulan Juli ini, pemesanan produk batik sudah kembali masuk dari dalam maupun luar negeri. Kondisi ini berbanding terbalik dengan yang dialami salah satu produsen produk mainan anak-anak yang berlokasi di Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman.

Pemilik usaha Novie mengaku penjualan selama pandemi justru mengalami peningkatan. Pasalnya anak-anak lebih beraktivitas di rumah. Sehingga, orang tua membutuhkan produk untuk mendukung aktivitas buah hatinya tersebut.


Amelia Hapsari

6 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

  4. 309425 826566forty folks that work with all of the services Oasis provides, and he can be a very busy man, he 815472

Tinggalkan Balasan