Pemkab Purworejo Mengalokasikan Rp 4 Miliar Untuk Menata Pantai Jatimalang di Tahun 2020

PURWOREJO – Penataan kawasan Pantai Jatimalang atau Pantai Dewaruci di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo akan kembali dilanjutkan pada 2020 ini. Untuk itu, pemerintah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 4 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo, Agung Wibowo mengungkapkan, penataan kawasan Pantai Jatimalang tahun ini dilanjutkan dengan pembangunan shelter kuliner sebanyak 26 unit, dua unit MCK yang masing-masing terdiri dari enam toilet, serta tambahan tempat parkir di sebelah barat.

“Alokasi anggarant tahun ini ada dua sumber, dari APBD dan dari DAK, total sekitar empat miliar. Perkiraan bisa dimulai, sekitar bulan Maret harapan kita sudah selesai lelang dan mulai (pembangunan) fisik,” ungkapnya, kemarin.

Shelter kuliner tersebut, lanjutnya, akan dibangun di sebelah barat yang sudah terbangun dan sudah difungsikan saat ini. Tambahan 26 unit shelter kuliner ini rencananya untuk memindahkan para pedagang yang masih di sisi timur kawasan Pantai Jatimalang.

“Pengosongan yang di sisi timur itu perkiraan di akhir 2020. Begitu di sana (shelter kuliner tambahan) sudah jadi, (para pedagang di sisi timur) akan kita pindahkan. Harapan saya akhir 2020 sudah bisa ditempati semuanya,” tuturnya.

Menurut Agung, pengembangan shelter kuliner dan berbagai sarana di Pantai Jatimalang saat ini memang ke arah barat. Pasalnya, kawasan sisi timur pantai rencananya akan digunakan untuk pengembangan berikutnya, yakni membangun sarana prasarana lainnya, seperti sarana olahraga dan lain sebagainya.

“Bisa nanti DED (detil enginering design) disusun di 2021. Melihat pada budget yang ada,” katanya.

Mengenai proyek pengerjaan penataan Pantai Jatimalang 2019 lalu, Agung menyatakan semuanya selesai tepat waktu. Meski demikian, untuk bangunan gerbang mengalami kerusakan pada bagian atasnya akibat terkena hujan deras beberapa waktu lalu. Perbaikan kerusakan tersebut masih menjadi tanggungan pihak kontraktor karena masih dalam masa pemeliharaan.

“Gerbang sudah selesai, tapi kemarin waktu hujan besar, talang yang pekerjaan dulu jebol. Itu justru imbas dari pekerjaan yang dulu, yang sempat putus kontrak. Kemarin kita selesaikan, yang di atas itu talangnya ternyata tidak masuk dalam penyelesaian itu, dan kemarin pada saat hujan besar, itu jebol, sehingga eternitnya ikut jebol,” ungkapnya.

Adapun pembangunan landscape dan penyempurnaan plaza yang terdapat patung Dewaruci juga selesai 100 persen. Namun, landscape masih akan dilakukan beberapa penyempurnaan, sedangkan bagian plaza sudah diperbaiki, ditambah lampu, dan sudah ada vegetasi.

“Walaupun vegetasinya masih jarang. Harapan kita ke depan bisa menambah vegetasinya supaya lebih hijau,” imbuhnya.

Panuju Triangga

3 Komentar

  1. 997884 409103Wow, amazing weblog layout! How long have you been blogging for? you make blogging appear effortless. The overall look of your internet internet site is wonderful, let alone the content material! 56959

  2. 77756 398317hi was just seeing in case you minded a comment. i like your internet site and the thme you picked is awesome. I will probably be back. 550385

  3. 935070 700061Usually I dont learn post on blogs, even so I wish to say that this write-up quite pressured me to try and do it! Your writing taste has been surprised me. Thank you, quite wonderful article. 430368

Tinggalkan Balasan