Pemkab Kebumen Hibahkan 1,5 Hektare Tanah untuk Bangun Makodim 0709

KEBUMEN, SM Network – Pemkab Kebumen menghibahkan tanah seluas 1,5 hektare di Jalan Lingkar Selatan kepada Kodim 0709 Kebumen. Tanah di timur Terminal Bus Kebumen itu rencananya akan dibangun Makodim 0709. Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengatakan, semula Pemkab Kebumen menyiapkan dua calon lokasi Makodim 0709/Kebumen yakni di bekas RSUD lama di Kelurahan Panjer dan tanah di timur terminal Bus Kebumen. Namun dengan pertimbangan bekas RSUD merupakan bangunan tua sudah masuk cagar budaya sehingga prosesnya lebih aman jika yang dihibahkan tanah di Jalan lingkar Selatan.

“Apabila proses hibah dan administrasi bersama BPN lancar, pembangunan Makodim 0709 bisa dilaksanakan pada 2021 oleh TNI AD,” ujar Yazid Mahfudz usai Audiensi dengan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD Jakarta, Selasa (7/1/2020). 

Audiensi Bupati didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kabag Pemerintahan Agus Susanto, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, mantan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang yang saat dini dinas di Mabes TNI serta perwakilan Perusda Provinsi Jateng. Tiga Kesepakatan Bupati menyampaikan bahwa tiga hal disepakati dalam pertemuan dengan KSAD.

Pertama, Pemkab Kebumen menyetujui permohonan hibah dari Kodim 0709 tanah seluas 1,5 hektare di Jalan Lingkar Selatan untuk Makodim/0709, serta tanah di Kecamatan Pocowarno dan Padureso untuk Koramil. Kedua, pihak TNI akan membangun Makodim 0709/Kebumen dan Koramil. Ketiga, pihak Perusda Provinsi Jateng akan membangun pusat ekonomi di bekas tanah Makodim setelah markas TNI pindah ke Jalan Lingkar Selatan.

Koramil

Selain menghibahkan tanah Makodim, Pemkab Kebumen juga menghibahkan untuk Koramil Poncowarno dan Padureso. Koramil Padureso dan Poncowarno sudah ada tanah Pemkab berdekatan dengan kantor kecamatan setempat. 

“Sedangkan untuk Koramil Sadang masih harus dicarikan solusi karena tanah yang ada jauh dari kompleks kantor kecamatan,” ujarnya. Sejak Indonesia Merdeka, Kodim 0709/Kebumen belum memiliki markas sendiri.

Selama ini, TNI menempati tanah di kompleks bekas pabrik minyak kelapa Sari Nabati yang merupakan aset Perusda Provinsi Jateng. “Mudah-mudahan hibah ini bisa segera diproses dan ditindaklanjuti oleh BPN sehingga segera dibangun Makodim,”tandas Yazid Mahfudz.


Supriyanto

Tinggalkan Balasan