SM/Arif Widodo - BERDISKUSI : Perwakilan pegiat lingkungan di Kebumen berdiskusi di Hotel Mexolie Kebumen.

KEBUMEN, SM Network – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) bakal mengaktifkan kembali Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kebumen.

Upaya itu diawali dengan menggelar focus group discussion (FGD) mengenai pelestarian lingkungan dan pemulihan DAS Kebumen di hotel Mexolie, Rabu (16/12). Diharapkan ada masukan dari masyarakat dan steakholder serta mampu memberikan sumbangsih dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan DAS di Kabupaten Kebumen.

Kepala Dinas Perkim LH Kebumen Edi Riyanto yang membuka acara itu mengatakan, meskipun penanganan hutan dan sungai menjadi kewenangan provinsi, tetapi keberadaannya di kabupaten. “Untuk itu, Pemkab harus hadir untuk mengatasi wilayah-wilayah yang tidak tertangani tersebut,” katanya.

Selanjutnya, muncullah upaya untuk mengaktifkan kembali Forum DAS Kebumen. Keberadaan forom ini dinilai penting agar semua pihak bisa bersinergi bersama-sama dalam pelestarian lingkungan terutama di DAS. Dalam acara tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Cabang Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VIII Lilis Dwi Kartikawati, Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong Djoenedi Fatchurrahman dan pegiat lingkungan hidup Kabupaten Kebumen Sukamsi.

Lilis menyampaikan terkait kebijakan rehabilitasi hutan dan lahan dalam pemulihan DAS di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Dalam Pelestarian DAS itu dilakukan beberapa upanya di antarnya penerapan sistem pengelolan hutan lestari dan hutan rakyat, pengembangan program perhutanan sosial, peningkatan daya dukung DAS melalui pengelolaan secara terpadu dan perlindungan kawasan ekosistem esensial dan cagar biosfer.

Sementara itu, Djenedi menyampaikan terkait pemanfaatan geopark untuk memicu pertumbuhan wilayah. “Dengan unsur geopark yang ada yaitu keanekaragaman geologi dan keanekaragaman biologi wajib kita jaga kelestariannya. Karena tujuan utama dari Geopark adalah konservasi, edukasi dan pembangunan ekonomi berkelanjutan,” terangnya.

Nara sumber lainnya, Sukamsi menyampaikan tentang peran serta masyarakat dalam pelestarian hutan dan pemulihan DAS. Pihaknya pun menyambut gembira dengan diaktifkannya kembali forum DAS di Kebumen.