Pembukaan Destinasi Wisata Tunggu Regulasi

SLEMAN, SM Network – Menyongsong era tatanan baru atau new normal, Bupati Sleman Sri Purnomo meminta kepada para pengelola destinasi wisata untuk menyiapkan sarana prasarana pendukung keselamatan dan keamanan wisatawan.

Persiapan itu dilakukan sembari menunggu regulasi panduan atau standar operasional prosedur (SOP) new normal kunjungan wisatawan yang masih dirumuskan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY. Setelah Peraturan Gubernur (Pergub) ditetapkan, Pemkab akan segera menindaklanjuti dengan menerbitkan Peraturan Bupati.

“Perlu kehati-hatian dalam mempersiapkan segala sesuatu sebelum membuka objek wisata. Saya tidak menghendaki beroperasinya usaha pariwisata menjadi penyebab penyebaran Covid-19,” kata Sri, Senin (15/6).

Akhir pekan lalu, Bupati bersama rombongan pejabat Pemkab Sleman melakukan tinjauan ke dua objek wisata yakni Taman Tebing Breksi, dan Candi Ijo serta Hotel The Alana. Di Breksi, rombongan memantau ketersediaan wastafel untuk cuci tangan, kelengkapan alat pelindung diri, dan alur keluar masuk wisatawan di area seluas kurang lebih 3 hektare tersebut. Tim juga memonitor kesiapan pengetahuan petugas dalam pelaksanaan pekerjaan berbasis protokol kesehatan.

Sementara saat di Hotel The Alana, Bupati meninjau kamar dan melihat praktik protokol kesehatan yang diperagakan oleh staf. Menurut GM Hotel Alana, Syaiful Manan, pihaknya telah menerapkan upaya preventif untuk menghadapi situasi new normal. Utamanya dengan melakukan kampanye pola hidup bersih dan sehat kepada seluruh karyawan dan tamu yang menginap. “Tamu juga diberlakukan protokol kesehatan. Sebelum masuk ke lobi, tamu dicek suhu tubuhnya dan barang-barang mereka disemprot disinfektan,” kata Syaiful.

Di ruangan lobi juga telah disiapkan fasilitas wastafel. Sementara di bagian resepsionis dipasang jarak antrian untuk menjaga jarak aman, dan penyekat pembatas di meja penerima tamu. Saat berada di kamar, disediakan pula personal kit untuk kebutuhan tamu yang berisi hand sanitizer, tisu antiseptik, dan masker.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan