Pembangunan Sanitasi Dikeluhkan Warga, Sering Bocor dan Berbau

WONOSOBO, SM Network – Warga Desa Bumiroso Kecamatan Wonosobo mengeluhkan sanitasi instalasi pembuangan air limbah (IPAL) atau septictank komunal yang dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menggandeng Kodim 0707 Kabupaten Wonosobo.

Pasalnya, sanitasi yang diresmikan secara langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo pada penghujung tahun lalu itu kerap menimbulkan bau dan mengeluarkan kotoran manusia akibat kebocoran yang terjadi.

Salah satu warga Bumiroso Mario (40) menyayangkan program pemerintah yang seharusnya berjalan dengan baik dan menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih sehat justru mendatangkan masalah baru. Dirinya menjelaskan, kebocoran pada sanitasi tersebut bahkan sudah terjadi sebelum diresmikan oleh pejabat terkait. Setelah peresmian, sering terjadi kebocoran kembali sehingga mengeluarkan kotoran dan bau menyengat.

“Sebelum peresmian ada orang yang memperbaiki, tiga hari setelah peresmian kebocoran kembali terjadi, dan ini sangat menggangu warga sekitar. Sebenarnya saya sangat mendukung program ini, tapi kalau jadinya seperti ini yang mending tidak usah, bukanya menjadikan warga sehat, malah mencemari lingkungan,” pekiknya.

Program pemerintah tersebut dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD 2019. untuk pembangunan sanitasi di Desa Bumiroso sendiri menghabiskan anggaran mencapai 800 juta untuk dua RW yakni RW 1 dan 3.

“Kalau melihat anggaranya cukup besar, seharusnya ya dikerjakan secara professional. Kalau begini jadi meresahkan warga,” terangnya.

Ketua RT setempat Gatot Prasetyo Aji mengatakan, warganya banyak yang mengeluhkan terkait bau yang menyengat yang diakibatkan saluran sanitasi tersebut. Selain berada di perkampungan warga, sanitasi tersebut berada di tepi lapangan sepakbola yang sering digunakan warga setempat untuk berolahraga.

Gatot berharap pemerintah bisa segera menindaklanjuti keluhan warga desa Bimoroso. Selain meresahkan warga, menurutnya tidak seharusnya bangunan yang tergolong masih baru tersebut mengalami kebocoran. Bahkan sebelum diresmikan, kebocoran tersebut sudah terjadi.


Adib Annas M

1 Komentar

  1. 288517 849613An interesting discussion is worth comment. I believe which you ought to write regarding this subject, it may well not be a taboo topic but usually persons are too couple of to chat on such topics. To an additional location. Cheers 117004

Tinggalkan Balasan