SM/Dian Nurlita - Gerbang Kapal Samudra Raksa yang tampak hampir selesai pembangunannya.

MUNGKID, SM Network – Pembangunan gerbang gapura Kapal Samudra Raksa di Kecamatan Klangon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, sudah hampir selesai.

Pembangunan itu termasuk salah satu dari empat gerbang gapura pintu masuk kawasan wisata Borobudur sebagai destinasi prioritas program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang secara keseluruhan memakan anggaran Rp118 milyar.

“Baru gerbang (Kapal Samudra Raksa) tersebut yang sudah berdiri, karena proses pembangunannya lebih awal. Adapun gerbang lainnya baru mau dimulai pembangunannya,” jelas Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Senin (30/11).

Di sekitar Gerbang Kapal Samudra Raksa nantinya akan dibangun rest area. Di lokasi tersebut pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian melalui gardu pandang yang menempel di tebing sisi selatan Sungai Progo.

Tiga gerbang lainnya yang juga akan segera dibangun nantinya menggunakan ikon yang diambil dari relief Candi Borobudur. Diantaranya Gerbang Kembanglimus Borobudur dengan ikon Gajah; Gerbang Palbapang Mungkid dengan ikon Singa, Gerbang Blondo Mungkid dengan ikon Pohon Kalpataru.

“Tiga gerbang yang baru mulai dibangun tersebut, selesai pembangunan pada akhir tahun 2021,” imbuhnya.
Untuk diketahui bahwa ke empat gerbang tersebut berjarak 7 sampai 8 km dari Candi Borobudur. Akses empat gerbang tersebut akan dilewati wisatawan yang masuk ke Magelang khususnya ke kawasan Candi Borobudur.