SMN/dok - PROTES: Dejan Antonic saat masih menjadi pelatih Madura United berteriak melakukan protes kepada hakim garis dalam sebuah pertandingan Liga 1 musim 2019. Dejan resmi ditunjuk melatih PS Sleman untuk kompetisi Liga 1 musim 2020.

SLEMAN, SM Network- Tak butuh waktu lama bagi manajemen PS Sleman (PSS) untuk mendapatkan pelatih baru menggantikan Eduardo Perez Moran yang mengundurkan diri beberapa hari lalu (22/2).

Tak jauh beda dengan Eduardo yang berasal dari Eropa, kali ini manejemen Super Elang Jawa kembali menunjuk juru taktik asal Benua Biru, yakni Dejan Antonic. Dejan resmi mendampingi tim sejak PSS memulai laga perdananya pada Liga 1 musim 2020 dengan menghadapi tuan rumah PSM Makassar akhir pekan ini (1/3).

“Pengalaman Dejan Antonic sebagai pemain dan pelatih yang sudah mengenal sepakbola Indonesia merupakan salah satu pertimbangan dari PSS untuk mengontraknya. Kami yakin dia akan membawa tim ini pada jalurnya untuk mengarungi Liga 1 musim 2020,” ujar Plt Manajer PSS M.Eksan, Rabu (26/2).

Dari sejumlah sumber disebutkan, Dejan Antonic merupakan mantan pemain sepakbola asal Serbia. Dia memulai kariernya sebagai pemain di klub lokal ternama, Red Star Belgrade (1984-1991). Ia ikut jadi bagian timnas Yugoslavia pada 1987 yang meraih Piala Dunia U-20 setelah menang adu penalti di final melawan Jerman Barat.

Lelaki kelahiran Beograd, Serbia, pada 22 Januari 1969 itu mengawali kariernya di Indonesia sebagai pemain Persebaya Surabaya pada 1996. Dejan mengantarkan Persebaya Surabaya juara Divisi Satu dan sekaligus kembali masuk ke Divisi Utama Liga Indonesia.Setelah itu, Dejan yang pernah juga memperkuat Persema Malang, Persita Tangerang dan Deltras Sidoarjo itu berkarier sebagai pelatih, dan sudah mengantongi lisensi UEFA Pro.

Sebelum berkarier sebagai pelatih di Indonesia, Dejan menjadi pelatih di klub ternama di Hongkong yakni Kitchee FC (2005-2008). Pelatih terbaik Hongkong 2006 itu juga ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Hongkong dalam persiapan untuk Babak Kualifikasi AFC Asian Cup 2011.Arema Indonesia merupakan klub pertama di Indonesia yang dilatihnya.

Situs berita sepak bola terkenal, Goal.com pernah menobatkannya sebagai Pelatih Terbaik 2011-2012 setelah membawa Arema Indonesia lolos ke babak perempat final di AFC Cup. Beberapa klub yang pernah dilatihnya Pro Duta pada 2013-2014, Pelita Bandung Raya (2014), Persib Bandung (2016}, Borneo FC (2018) dan terakhir adalah Madura United (2019). 

Sementara itu CEO PT Putra Sleman Sembada Fatih Chabanto menambahkan usai pengunduran diri Eduardo Perez beberapa nama pelatih sempat masuk untuk dipertimbangkan manajemen. Hingga pilihan akhirnya jatuh kepada Dejan Antonic.
“Dejan akan mendampingi tim menghadapi laga pertama di Makassar menghadapi tuan rumah Makassar pada 1 Maret 2020,” tandas Fatih.


Gading Persada

1 KOMENTAR