Pelantikan Sekda Temanggung Tunggu Rekomendasi KASN

TEMANGGUNG, SM Network – Hingga pekan terakhir bulan Februari 2020, masih menjadi tanda tanya dari tiga nama yang lolos seleksi calon Sekda dari panitia seleksi, siapa yang akan dipilih menjadi Sekda definitif.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq pun ketika ditanya soal ini hanya menjawab, pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun dia berharap agar secepatnya bisa dilakukan pelantikan setidaknya pada pekan pertama bulan Maret.

“Proses seleksi sudah dilakukan secara terbuka dan transparan oleh pansel hasilnya ada tiga calon dan kita sudah dipanggil oleh gubernur untuk dilakukan koordinasi, termasuk pansel dan ketiga calon diwawancarai oleh Pak gubernur. Soal siapanya ya belum nanti masih menunggu rekomendasi dari KASN kita harapkan bisa keluar hari-hari ini dan setelah itu prosesnya Bupati Temanggung mengeluarkan SK tentang salah satu dari tiga nama calon itu kemudian untuk dilantik menjadi sekda definitif,”ujarnya, kemarin.

Dikatakan, berdasarkan hasil seleksi oleh Panitia Seleksi Calon Sekda Temanggung muncul tiga nama calon Sekda Temanggung, yakni Agus Munadi, Hari Agung Prabowo, dan Ngumarudin Bagus Pinuntun. Namun Hadik menegaskan, bahwa munculnya tiga nama itu berdasarkan urut abjad, bukan poin nilai masing-masing calon.

“Kami berharap minggu ini atau minggu depan sudah dilakukan pelantikan. Bagi saya sebelum tanggal 5 Maret 2020 harapan saya sudah bisa dilantik karena penjabat sekda yang sekarang ini berlaku sampai 5 Maret 2020. Jadi setelah saya dipanggil gubernur dan Pak Gubernur menyampaikan ketiga calon semuanya bagus dan gubernur memberikan persetujuan kepada bupati untuk memilih salah satu dari tiga calon tersebut,”katanya.

Dikatakan, sudah keluar surat rekomendasi dari Gubernur Jateng yang menjadi lampiran ke KASN yang intinya bahwa gubernur memberikan persetujuan kepada bupati untuk memilih salah satu dari tiga nama tersebut.

Surat juga menyatakan Gubernur Jateng telah melakukan koordinasi dengan Bupati Temanggung perihal pemilihan sekda ini. Kemudian pihaknya sudah menyampaikan kepada KASN di Jakarta rekomendasi Gubernur Jateng tersebut dan lampirannya adalah laporan hasil pansel secara utuh.

“Sudah kita sampaikan ke KASN di Jakarta izin Bupati Temanggung untuk melantik salah satu dari tiga calon itu dan saya dengar kabar dalam hari-hari ini surat dari KASN akan keluar rekomendasinya. Tapi untuk sekarang soal satu dari tiga nama itu belum bisa saya konfirmasikan ke publik, kecuali sudah ada bukti surat fisiknya,”katanya.


Raditia Yoni A

Tinggalkan Balasan