Pelaku Usaha Jasa Perlu Antisipasi Penyebaran Corona

MAGELANG, SM Network – Pelaku usaha jasa pariwisata di Kota Magelang diminta melakukan langkah antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19). Namun demikian pengusaha tidak perlu berlebihan dalam menyikapi penyakit tersebut agar tidak menimbulkan kepanikan bagi wisatawan atau tamu.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jarwadi mengatakan, pihaknya telah menerbitkan surat edaran (SE) tertanggal 6 Maret lalu dan sudah beredar. Isinya meminta pengusaha untuk meningkatkan kebersihan lingkungan.

“Dianjurkan memakai cairan pembasmi kuman/disinfektan atau dengan vacum cleaner dan alat pembersih lainnya dalam membersihkan lingkungan tersebut. Ini penting untuk mencegah penyebaran virus,” ujarnya di kantornya, Senin (9/3).

Dia menuturkan, pengusaha juga diminta melakukan pengawasan terhadap penyebaran atau penularan Covid-19. Jika diketahui ada tamu yang menampakkan tanda gejala terjangkit virus korona, pengusaha bisa segera melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang. 

“Kota Magelang cukup banyak disinggahi wisatawan mancanegara, seperti dari Jepang, Jerman, dan Belanda yang mereka tertarik menelisik sejarah. Maka, langkah antisipasi perlu dilakukan, seperti di hotel tersedia hand sanitizer yang dapat dijangkau oleh tamu,” katanya.

Jarwadi menyebutkan, sejauh ini belum ada temuan virus corona di Kota Sejuta Bunga. Namun, dampak ditemukannya virus tersebut di kawasan Depok cukup terasa bagi kunjungan wisatawan, yakni adanya beberapa penundaan kunjungan wisata.

“Padahal, Kota Magelang sedang melaksanakan program kunjungan wisata tahun 2020 yang dikemas dalam agenda Moncer Serius. Tapi kita tetap semangat menggelar Moncer Serius. Acara-acara yang sudah diagendakan tetap berlanjut,” jelasnya.

Menuturnya, virus corona mudah menyerang orang dengan kekebalan tubuh yang rendah. Karena itu, masyarakat harus menjaga kebugaran dengan rajin berolah raga.

“Saat ini, alat fitnes gratis tersedia di alun-alun dan depan GOR Samapta. Silahkan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga, gratis tinggal pakai,” ungkapnya.


Asef Amani

1 Komentar

  1. 913680 836406Really fighter messages are supposed to amuse offer praise into the groom and bride. Very first time audio system watching over the top places ought to also remember you see, the senior guideline of the speaking, which is your specific person. best man speeches brother 190599

Tinggalkan Balasan