PDAM Sleman Susun Rencana Pengamanan Air Minum

SLEMAN, SM Network – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman tengah menyusun skema rencana pengamanan air minum (RPAM). Rencana ini akan mencakup berbagai lini mulai dari pengetatan standar operasional prosedur di tingkat produksi, pengecekan jaringan distribusi hingga pemeriksaan sampel air secara rutin di laboratorium.

“Lewat RPAM, kami akan mengamankan kegiatan apapun yang beresiko mengganggu kualitas maupun pelayanan,” kata Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata kepada Suara Merdeka, Senin (21/12).

Penyusunan rencana ini merupakan instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pasca munculnya wabah Covid-19. Upaya ini dimaksudkan untuk memberi jaminan kepada masyarakat bahwa produk air minum aman dikonsumsi, sekalipun pemrosesannya dilakukan pada masa pandemi.

Saat ini, penyusunan RPAM masih berjalan oleh tim internal PDAM yang berjumlah 19 orang. Draft RPAM nantinya akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Bupati. “Harapan kami, di bulan April 2021 bisa diterbitkan Perbup. Sehingga ke depan kita bisa menjalankan sesuai standar yang ada di peraturan tersebut,” ujarnya.

Selama masa pandemi ini, PDAM sendiri sudah menjalankan setidaknya dua langkah pengamanan. Pertama, terkait dengan penerapan protokol kesehatan bagi petugas. Seluruh karyawan terutama yang bertugas di bagian produksi harus melaksanakan prinsip 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Kedua, menyangkut kebersihan area kerja. Sarana khususnya yang ada di 37 titik area produksi, rutin dilakukan disinfeksi dan tidak boleh sembarang orang masuk.”Pengamanan air minum sudah mulai kami terapkan. Ke depan akan dilakukan kontinyu seiring dengan perkembangan lingkungan,” kata Dwi.

Dia menegaskan, pengamanan air minum adalah suatu hal yang sangat vital. Kendati belum ada bukti penelitian yang menyatakan Covid-19 bisa menular lewat media air, namun upaya antisipasi perlu dilakukan. Terlebih, penggunaan air di masa pandemi menjadi berlipat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan diri dan lingkungan.Oleh karena itu, PDAM ingin menjamin bahwa air yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, aman dan terlindungi dari berbagai macam kontaminasi.

Tinggalkan Balasan