PDAM Purworejo Berikan Subsidi Pelanggan

PURWOREJO, SM Network – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari memberlakukan potongan limapuluh persen dan membebaskan biaya langganan, bagi pelanggan sosial khusus dan umum. Kebijakan ini akan berlangsung selama dua bulan, atau selama masa tanggap darurat Covid-19.

Kebijakan baru itu dikuatkan dengan SK Bupati Purworejo Nomor 160.18/226/2020, tertanggal 15 April 2020. Didalamnya mengatur , pemberian subsidi adalah sebesar 50% diperuntukkan bagi pelanggan golongan rumah tangga A, dan menggratiskan pelanggan sosial, periode Bulan Mei dan Juni 2020.

“Kebijakan ini berlaku mulai 15 April 2020 sampai dengan masa tanggap Darurat bencana non alam pandemi Corona Virus Disease 2019 di wilayah Kabupaten Purworejo Tahun 2020 dicabut,” kata Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo, Jumat (17/4).

Disebutkan, pelanggan PDAM terdiri atas beberapa klasifikasi, yakni sosial, rumah tangga, niaga, dan industri. Pelanggan sosial umum sebenarnya sudah disubsidi PDAM dengan harga di bahwa standar, seperti WC umum serta fasilitas-fasilitas yang memang dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Sementara klasifikasi sosial khusus meliputi fasilitas kegiatan yang khusus untuk sosial, seperti panti asuhan, lembaga nirlaba, pondok pesantren, musala, serta tempat-tempat kegiatan agama lainnya.

“Pelanggan yang memang sesuai target kami, yakni pelanggan yang Rumah tangga Miskin (RTM) atau memang di sini ada klasifikasi itu, kita kasih diskon 50 persen. Jadi pengurangan 50 persen dengan melihat situasi selama 2 bulan, yaitu bulan Mei dan Juni 2020,” terangnya.

Hermawan menambahkan, untuk mengurangi interaksi di lingkungan PDAM, pihaknya sudah mengurangi jam kerja bagi karyawan. Terkait dengan pelayanan pembayaran, PDAM juga sudah menghimbau kepada pelanggan untuk memanfaatkan layanan online.


Heru Prayogo

1 Komentar

  1. 643679 581366An extremely fascinating examine, I may possibly possibly not concur entirely, but you do make some quite valid points. 20588

Tinggalkan Balasan