Pasien Dinyatakan Sembuh, Hasil Lab Positif Covid-19


KEBUMEN, SM Network – Lamanya proses uji laboratorium bagi para pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 masih menjadi kendala. Bagaimana tidak, seorang pasien yang sudah dinyatakan sembuh dalam perawatan, hasil uji laboratorium  ternyata baru keluar.

Seperti terjadi pada pasien perempuan berinisial K (48) warga asal Kota Bogor Jawa Barat dinyatakan sembuh setelah mendapat penanganan medis di RSUD Prembun. Namun ternyata setelah hasil uji laboratorium keluar pada Rabu 15 April 2020, pasien dinyatakan positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto menjelaskan bahwa pasien positif itu sebelumnya datang ke salah satu desa di Kecamatan Prembun, Kebumen untuk melaksanakan takziah ayahnya yang meninggal dunia. Setelah itu yang bersangkutan mengalami sakit dengan gejala menyerupai Covid-19 hingga dinyatakan PDP oleh pihak medis.

Selanjutnya pasien mendapatkan perawatan intensif dan kondisi kesehatan berangsur membaik. Pasien pun kemudian pulang untuk menjalani isolasi diri selama dua minggu.  “Setelah dinyatakan sembuh, pasien itu diperkenankan kembali ke kota asalnya,’’ ungkap Cokro Aminoto didampingi Sekretaris Dinkes Kebumen Kusbiyantoro dan Kabag Humas Eko Purwanto serta dr Hasan Bayuni saat jumpa pers di Posko Penanggulangan Covid-19 Kebumen, Rabu (15/4/2020) malam.

Telah Sembuh Dokter Hasan Bayuni menambahkan, sakitnya pasien K berawal saat ia datang melayat ayahnya pada 16 Maret 2020. Selanjutnya pada 22 Maret mengalami deman dengan gejala mirip Covid-19 seperti sesak napas, mual dan batuk. Selang empat hari kemudian 26 Maret, pasien dilarikan ke RSUD Prembun dan K juga mengalami diare pada 27 Maret 2020.

Selanjutnnya pada 3-4 April 2020 dilaksanakan pemeriksaan swab dan hasil yang keluar pada tanggal 15 April dinyatakan positif Covid. Meski begitu, sejak 9 April 2020 kondisi K sudah membaik bahkan pada Selasa 14 April 2020 sudah kembali ke Bogor.

“Meski hasil test postif, namun jika melihat kondisi pasien dan sudah melewatinya masa inkubasi, maka bisa disimpulkan pasien itu telah sembuh,” katanya.

Adanya hasil positif itu petugas kemudian melakukan pendataan terhadap warga yang melaksanakan kontak fisik secara  langsung dengan K. Hal ini guna mengantisipasi penularan virus corona. Data pantauan Covid-19 Kebumen, jumlah pasien positif sebanyak empat orang. Dua meninggal dunia dan satu orang masih dirawat. 

Jumlah ODP sebanyak 2.224 orang dan yang telah selesai proses pemantauan 1.536 orang. Sementara untuk PDP berjumlah 72 orang dan sebanyak 22 orang diantaranya telah selesai pengawasan, 21 orang masih dalam pengawasan.

Sebanyak 28 pasien dari hasil uji laboratorium dinyatakan negatif Covid-19.  Pada bagian lain, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyampaikan bahwa pihaknya tidak memberikan instruksi untuk penutupan arus jalan. Polri menjamin distribusi dan ketersediaan bahan pokok kepada masyarakat. 

“Semua jalan terbuka lebar untuk mendukung arus lalu lintas distribusi bahan pokok. Namun kepada warga masyarakat tetap harus patuh kepada pemerintah tentang social distancing dan physical distancing,” ujar AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat pembagikan 800 paket sembako kepada warga masyarkat terdampak Covid-19.


Supriyanto

1 Komentar

  1. 46561 359654Some times its a discomfort within the ass to read what people wrote but this internet site is real user genial ! . 641973

Tinggalkan Balasan