Pasar Timur Wonosobo Akan Direnovasi

WONOSOBO, SM Network – Pasar Induk Wonosobo sebelah timur rencananya akan direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo di tahun 2021 ini. Dengan anggaran Rp 5 milyar, pasar sebelah timur diharap bisa mengimbangi pasar induk sebelah barat yang telah selesai dibangun dan akan segera diresmikan.

“Tahun ini kita mendapat anggaran 5 milyar. Pasar Induk sebelah barat sudah selesai dibangun. Bagimana nantinya pasar bisa tertata dengan baik ketika mulai ditempati pedagang. Pasar sebelah timur juga harus mengimbangi pasar bagian barat,” ujar Kabid Pasar Disperindagkop UMKM, Prayitno saat ditemui baru-baru ini.

Prayitno berharap, Pasar Induk sebelah timur akan hidup perputaran ekonominya setelah proses renovasi selesai. “Jangan sampai pasar barat mewah, pasar timur kumuh sehingga pedagang pasar timur sepi pembeli. kita meminta bantuan konsultan untuk membantu mengatasi bagaimana supaya pasar sebelah barat dan timur bisa ramai semua,” terangnya.

Siti (41) seorang pedagang Pasar Induk Wonosobo bagian timur mengaku banyak ruko yang mulai ditinggalkan oleh pedagang. Selain pasar yang sepi dan jarang dikunjungi, banyak atap bocor setiap kali turun hujan. Bahkan beberapa pemilik toko elektronik harus merugi karena barang dagangan mereka rusak akibat kebocoran yang tak kunjung dibenahi.
Ia menjelaskan, kebocoran semakin diperparah karena adanya pembangunan bagian barat pasar beberapa waktu lalu. Karena tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah, para pedagang ini biasanya harus patungan untuk sekadar menambal atap pasar yang bocor.

“Pasar sering sekali bocor. Karena begitu deras, banjir dilantai 2 merembes sampai ke lantai 1. Makanya di bawah banyak yang punya toko elektronik daganganya rusak. Kita pedagang yang ada disini seperti dianak tirikan, jarang diperharikan oleh pemerintah,” katanya.

Wanita paruh baya yang sehari-hari berjualan sandal itu cukup senang mendengar pasar timur juga akan direnovasi. Ia berharap pasar timur bisa ramai kembali seperti dulu. Terlebih saat kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, sandal daganganya sering tidak laku satu buahpun dalam sehari.

“Kita senang mendengar pasar timur juga akan direnovasi. Harapanya kita diberi tempat yang layak nantinya saat pasar sedang direnovasi. Keinginan kita gak banyak, bisa berjualan lagi seperti dulu. Seperti sebelum pasar kebakaran,” pintanya.

Tinggalkan Balasan