Pasangan RH Agus Bastian-Hj Yuli Hastuti Ditetapkan, Paslon Terpilih Bisa Ngayomi Dan Melayani

PURWOREJO, SM Network – Setelah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, pasangan calon bupati dan wakil bupati Purworejo terpilih, RH Agus Bastian-Hj Yuli Hastuti, langsung dirapatparipurnakan oleh DPRD Kabupaten Purworejo.

Rapat paripurna penetapan paslon terpilih ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi di ruang sidang paripurna DPRD setempat, kemarin (18/2).

Hadir langsung dalam kesempatan itu KPU Kabupaten Purworejo, Bawaslu Kabupaten Purworejo, Plh Said Romadon dan Forkompimda yang mengikuti jalannya rapur melalui teleconference. Rapur juga digelar secara kuorum dengan dihadiri 28 anggota dari total 45 anggota DPRD Purworejo.

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi mengatakan, Pilkada tahun 2020 memang terasa berbeda dibandingkan Pilkada sebelumnya. Sebab harus digelar di tengah pandemi Covid-19, meskipun banyak tantangan semua bisa dilalui dan penyelenggara relatif berjalan efektif, efisien dan transparan. Dewan mengapresiais seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri, KPU, Bawaslu, Partai Politik, Tokoh Masyarakat dan seluruh stekholder yang telah berpartisipasi menjalankan pilkada hingga berjalan aman, tertib dan kondusif.

“Pelaksanaan pilkada di Purworejo telah berjalan aman, paslon nomor urut 03 juga sudah ditetapkan KPU dengan Keputusan KPU Purworejo Nomor 692/PL. 02.6- Kpt/3306/Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam perjalanannya terdapat gugatan dari Paslon Nomor Urut 02 (Kuswanto-Kusnomo) terkait hasil perolehan suara ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan tersebut ditolak MK dengan Salinan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 29/PHP.BUP-XIX/2021 tanggal 15 Februari 2021, yang kemudian dijadikan salah satu dasar KPU Purworejo untuk menetapkan paslon no 03 RH Agus Bastian-Hj Yuli Hastuti sebagai paslon terpilih.

“Sesuai regulasi, penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih berdasarkan penetapan KPU yang disampaikan kepada DPRD akan disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur. Usulan kepada kemendagri melalui gubernur memiliki tenggat waktu 5 hari, terhitung sejak KPU menetapkan paslon terpilih,” jelasnya.

Ketua Bapilu DPD Partai Nasdem Kabupaten Purworejo, RM Abdullah menegaskan, Nasdem sebagai partai pengusung Paslon 02 mengucapkan selamat kepada paslon terpilih. “Harapan kami, paslon terpilih menjadi pemimpin yang ngayomi bukan ngantemi, pekerja keras bukan pendendam, dan yang melayani bukan nyulayani,” tegasnya.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Purworejo, Rinto Hariyadi mengungkapkan, setelah KPU melakukan penetapan paslon terpilih maka tugas penyelenggara selesai. Bawaslu kini tinggal menjalankan kerja internal untuk menyusun laporan dan mempublikasikan hasil pengawasan, hal itu juga sudah diawali dengan publikasi melalui laman youtube Bawaslu Purworejo oleh masing-masing divisi. Publikasi diperlukan agar masyarakat tahu betul tugas dan fungsi Bawaslu.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Purworejo menetapkan paslon no 03 RH Agus Bastian-Hj Yuli Hastuti sebagai paslon terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo 2020. Ketetapan dibacakan langsung Ketua KPU Purworejo Dulrokhim dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Purworejo di Ballroom Hotel Plaza Purworejo, kemarin (18/2).

Berdasarkan Berita Acara KPU Kabupaten Purworejo Nomor: 10/PL.02.7-BA/3306/Kab/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020, dituangkan dalam Keputusan KPU Purworejo No. 2/PL.02.7-pt/3306/Kab/XII/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

Paslon RH Agus Bastian – Hj Yuli Hastuti terpilih dengan total perolehan suara sebanyak 147.109 atau 36,38 % dari total suara sah sebanyak 404.340 suara dan mengungguli dua paslon lainnya Paslon Nomor Urut 02 (Kuswanto-Kusnomo) dan Paslon Nomor Urut 01 (Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli).

“Kami tetapkan paslon terpilih dengan total perolehan suara sebanyak 147.109 atau 36,38 % dari total suara sah sebanyak 404.340 suara. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Terpilih, Agus Bastian mengucapkan terima kasih kepada paslon nomor 01 dan 02 yang telah bersama-sama mengikuti kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo 2020 ini dengan baik. Ia juga memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Purworejo sebagai penyelenggara, tidak terkecuali TNI/Polri yang ikut mengamankan penyelenggaraan pemilu hingga berjalan dengan tertib dan lancar.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh partai pengusung juga seluruh masyarakat Purworejo yang sudah ikut berpartisipasi mensukseskan pesta demokrasi kali ini. Mulai hari ini sudah tidak ada lagi 01, 02 atau 03, adanya 00 (kosong-kosong), mati bersama-sama membangun Purworejo,” katanya.

Tinggalkan Balasan