SM/Arif Widodo - BAGIKAN NASI KOTAK : Sukarelawan Koko membagikan nasi kotak kepada anak asuh Panti Asuhan HM Syukur Kebumen, Jumat (23/4).

KEBUMEN, SM Network – Panti Asuhan HM Syukur yang beralamat di Jalan Ampera Kebumen mengetuk para dermawan untuk menjadi donatur tetap. Selama ini, panti asuhan yang baru beroperasi penuh setahun lalu sejak berdiri pada 2017, masih mengandalkan bantuan spontanitas.

Seperti bantuan dari sukarelawan Kotak Kosong (Koko) yang diserahkan melalui kegiatan bertajuk ‘Jumat Berkah Kotak Kosong Bersedekah’, Jumat (23/4). Menurut salah satu pengurus Panti Asuhan HM Syukur, Misbakhul Munir, bantuan tersebut cukup berarti bagi anak panti yang diasuhnya.

“Saat ini ada 37 anak, 20 anak putra dan putri di antaranya tinggal di panti, 17 anak lainnya non asrama,” kata Misbakhul Munir yang menjabat Ketua II Panti Asuhan HM Syukur itu.

Mereka yang tinggal di panti tersebut masih berstatus sebagai pelajar, mulai SD sampai SMA. Diakui Misbakhul Munir, dengan mengandalkan bantuan spontanitas tidak mencukupi kebutuhan bagi anak asuhnya. Meskipun, dari mereka mendapatkan keringanan biaya sekolah.

“Tapi untuk kehidupan seperti makan sampai pengobatan jika mengalami sakit kita yang tanggung. Sehingga kadang dananya tidak cukup sebulan,” ucap Misbakhul Munir. Karena itu, pihaknya mencari donatur tetap agar kebutuhan anak asuhnya bisa tercukupi.

Di samping itu, pihaknya juga tengah mencari pengasuh yang bersedia tinggal di panti asuhan secara penuh waktu. Ke depan, rencananya akan difokuskan pada penanganan anak yatim-piatu. Pasalnya, saat ini masih terdapat anak dari keluarga kurang mampu yang tidak tinggal di panti tersebut.

“Kami juga akan memfokuskan pada kegiatan yang produktif. Diharapkan memberi nilai tambah bagi anak asuh yang tinggal di sinj,” imbuh Misbakhul Munir yang menyebut Panti Asuhan HM Syukur berkapasitas sekitar 39 anak asuh dengan fasilitas yang cukup representatif.

Sementara itu, Ketua Panitia Jumat Berkah Kotak Kosong Bersedekah, Budi Harto mengatakan, kegiatan yang dilakukannya sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. “Ini yang kedua selama Ramadan dan akan berlanjut pada Jumat ketiga serta keempat di tempat berbeda,” ucap Budi Harto seraya membagikan nasi kotak kepada anak asuh di Panti Asuhan HM Syukur.

Tampak sukarelawan Koko lainnya seperti Asmakhudin, Prasetya Panggih, Rahma Annisa dan Suyatno ikut membagikan nasi kotak. Mereka menyebut kegiatan tersebut sekaligus menunjukkan eksistensi Koko yang saat Pilbup 2020 meraih suara sekitar 40 persen dan kegiatannya akan berlanjut hingga 2024 mendatang.