SM/Agung PW - PENJELASAN : Panitia Soprema menjelaskan teknis pelaksanaan kegiatan yang berlangsung secara virtual.

YOGYAKARTA, SM Network – Pandemi Covid-19 sudah hampir setahun dan belum ada tanda-tanda bakal berakhir. Hampir semua kehidupan terdampak. Kendati demikian pandemi tak menghalangi anak-anak muda berkreasi. Inilah yang terlihat dalam Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Sebanyak 24 tim dari ratusan pendaftar telah terseleksi dan akan mengikuti tahap akhir secara virtual. Mereka berasal dari 25 provinsi dengan berbagai kreasi dan sebagain menampilkan solusi di tengah pandemi.Ketua Pelaksana Soprema 2020, Hempri Suyatna menuturkan meskipun pandemi tapi ajang tahunan tersebut tetap berjalan.

Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan secara daring. Bahkan pameran yang biasanya dilakukan se ara fisik kini berubah menjadi pameran virtual. Pameran virtual justru memiliki kelebihan yakni dapat dilihat dan dinikmati dari seluruh pelosok Tanah Air bahkan dunia.

”Kami melakukan berbagai inovasi agar kompetisi anak-anak muda ini dapat terus berjalan dengan sejumlah penyesuaian karena pandemi,” ujar Hempri.

Bangkit Bersama

Direktur Youth Studies Center (YouSure) Fisipol, Najib Azca menambahkan pandemi justru membuat anak-anak muda bangkit menunjukkan kreativitasnya. Banyak di antara mereka yang memiliki ide luar biasa dalam mengatasi pandemi. Ia menegaskan wabah corona tidak membuat kalah, tidak membuat mati kreasi tetapi justru membangkitkan semangat.

”Anak-anak muda kreatif yang telah mengikuti seleksi bakal bangkil bersama Soprema. Mereka telah menelurkan ekspresi kreatif dengan berbagai strategi dan tidak pernah menyerah,” tandasnya.

Ia mencontohkan salah satu kreasi anak muda yang membuat platform untuk mengatasi kecanduan pornografi. Pembuat aplikasi menyadari di era pandemi semua anak muda harus bersentuhan dengan teknologi informasi dan tak jarang yang menyalahgunakan dengan membuka situs porno hingga akhirnya kecanduan. Soprema berlangsung 10 November sampai 4 Desember 2020. Kegiatannya yakni inkubasi dan pitching, bincang-bincang, virtual expo dan puncaknya pemberian penghargaan.