Pandemi Covid-19, Penghobi Ikan Cupang Meningkat

Digelar Kontes

MAGELANG, SM Network – Sejak awal pandemi Covid-19, penghobi memelihara ikan cupang (Betta sp) makin meningkat di Kota Magelang. Pasalnya, banyak masyarakat yang beraktivitas lebih banyak di rumah dan memilih menekuni hobi.

Saking berkembangnya penghobi ikan cupang ini membuat keinginan para penghobi untuk memiliki komunitas sebagai wadah berkumpul dan saling berbagi informasi. Maka, lahir Paguyuban Penggemar Cupang Magelang (Pagar Palang) yang terbentuk pada 20 Juli 2020 lalu.

Pendiri sekaligus Penasihat Pagar Palang, Grahita Purnama Sidi mengatakan, paguyuban ini sudah memiliki anggota 11 orang. Mereka semua memiliki hobi yang sama, yakni memelihara ikan cupang.

Ia mengatakan, cupang adalah salah satu jenis ikan hias dengan penampilan menawan. Cupang hidup di air tawar dan cukup populer di Asia Tenggara, seperti di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

“Para penggemar cupang tentu telah mengenal seluk-beluk ikan ini secara mendalam. Namun, bagi orang awam, ada beberapa keunikan yang perlu dikenal dari ikan ini,” ujarnya saat ditemui di sela persiapan Kontes Cupang Hias Magelangan di Kantor Disperpa Kota Magelang, Sabtu (12/9).

Dia menuturkan, karena hobi dan keunikan dari ikan cupang inilah pihaknya tergerak untuk menggelar Kontes Cupang Hias Magelangan dalam rangka latihan bersama bagian pertama. Kegiatan bertajuk ‘natas, nitis, netes’ yang punya filosofi guyub, sehat, dan prestasi. Peserta dibatasi tidak lebih dari 150 kontestan dengan dua kategori, yaitu pemula dan umum.

“Kontes ini juga dalam rangka meningkatkan sumber daya ikannya dan penyaluran hobi di ikan cupang hias. Latihan bersama ini ada level lokal, regional, dan nasional. Tiga bulan sekali kita rencanakan, juga ada bazzar,” katanya.

Hita mengutarakan, kontes ini mengundang dewan juri profesional, yakni Nuki dari Purworejo dan Akbar dari Kebumen. Kontes ikan cupang ini akan dinilai dari sisi tampilan ikan dan bentuknya.

Pelaksanaan kontes ini digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Minggu (13/9). Para peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan harus kondisi sehat.

“Juara yang kita ambil 1, 2, dan 3, masing-masing mendapat piala dan uang pembinaan. Selain itu, ada kategori pemenang Boss Pemula dan Boss Umum juga akan mendapat uang pembinaan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan