Pabrik Kayu Lapis Terbakar Kerugian Rp 20 Miliar

TEMANGGUNG, SM Network – Pabrik pengolahan kayu lapis PT Albasia Kayu Prima di Desa Nguwet, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung ludes terbakar. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp 20 miliar.

Kabid Linmas dan Damkar Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, kebakaran ini dilaporkan terjadi pada Kamis (4/6) dini hari pukul 02.08. Api diduga berasal dari alat pemanas kayu atau oven pengering kayu yang menjalar ke tumpukkan kayu di sekitarnya.

“Kronologi kejadiannya sekitar pukul 02.00 api muncul dari ruangan kedu terus merambat ke ruangan produksi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian dikaksir mencapai Rp 20 miliar di mana yang terbakar parah di bagian ruangan kedi dan ruang produksi,”ujarnya Kamis (4/6) malam.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, Rama Aditya, mengatakan hampir 60 persen kayu olahan dan bangunan ludes terbakar sejak pukul 02.15. Kobaran api yang begitu besar membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk menjinakkan api, hingga harus didatangkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan empat mobil tangki dikerahkan untuk memadamkan api.

“Api membakar seluruh bangunan yang merupakan tempat pengeringan kayu, tiupan angin serta tumpukan kayu kering membuat api menghanguskan bangunan pabrik. Kobaran api yang begitu hebat serta serta asap yang tebal membuat beberapa petugas pemadam kebakaran kelelahan dan harus dibantu dengan alat bantu pernapasan,”katanya.

Sementara ini sebagai dampak dari kebakaran ini, pabrik untuk sementara menutup aktivitas operasional karyawannya. Hal ini untuk keamanan dan karena kebakaran banyak peralatan serta bahan baku yang rusak.(K41)

5 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

Tinggalkan Balasan