KULONPROGO, SM Network – Penyiapan makan dan minum bagi anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), merupakan bagian yang sangat penting, guna pemeliharaan kesehatan dan stamina prajurit agar tetap bugar, sehingga dapat bekerja sebulan penuh dalam rangka pembangunan di Kalurahan Purwosari, Kapanewom Girimulyo yang menjadi lokasi TMMD Reguler ke-107.

Winarti, salah satu ibu-ibu, warga Purwosari yang rumahnya ditempati oleh anggota Satgas TMMD mengatakan setiap pagi harus sudah memasak menyiapkan sarapan pagi bagi anggota Satgas.”Selesai sarapan pagi, memasak lagi untuk makan siang dan setelah makan siang kami harus mulai memasak lagi untuk makan malam. Meski demikian kami merasa senang dan bangga karena dapat ikut ambil bagian dalam pembangunan di daerah kami,” tutur Winarti, Rabu (8/4).

Winarti yang didapuk menjadi koordinator memasak mengatan cukup banyak ibu-ibu di lokasi TMMD yang mengambil bagian dalam menyiapkan makan dan minum bagi anggota Satgas TMMD dan warga untuk disantap saat istirahat setelah bergotong royong mengerjakan berbagai pembangunan yang termasuk dalam sasaran fisik. 

Dengan menggunakan kayu bakar para ibu-ibu memasak masakan ala pedesaan di salah satu dapur milik warga. Sederhana tapi nikmat terpapar pada cita rasa masakan mereka. Apalagi disantap setelah lelah bekerja, di tempat yang masih sangat alami dengan pemandangan yang indah dalam suasana alam pegunungan.

“Kami ikhlas, senang dan bangga, meski setiap hari harus belanja dan memasak, menyiapkan makan dan minum bagi anggota TNI dan warga yang sedang berjuang membangun Purwosari. Meski banyak ibu-ibu lain, terjun langsung bekerja mengangkut pasir dan semen, kami tidak iri, karena penyiapan makan dan minum tak kalah penting dalam mendukung suksesnya pembangunan yang saat ini dilaksanakan,” jelasnya.


Terpisah, Dansatgas TMMD Reguler ke-107, Letkol Inf Dodit Susanto menambahkan pihaknya merasa bersyukur dengan keterlibatan ibu-ibu setempat yang sudah ikhlas menyiapkan konsumsi bagi Satgas TMMD.”Memang ada dana stimulus bagi penyediaan konsumsi namun besarnya tak seberapa. Tapi yang pasti selain enak, masakan ibu-ibu juga bergizi,” tandas Dodit.


Gading Persada

1 KOMENTAR