Ngeyel Tidak Pakai Masker Dilarang Masuk Pasar

TEMANGGUNG, SM Network – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, dibantu para relawan dari sejumlah ormas memberikan sosialisasi tentang pentingnya menggunakan masker di masa pandemi ini kepada pedangan dan pengunjung di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung. Dalam sosialisasi itu bahkan disebutkan mulai 15 Maret 2020 jika tidak memakai masker maka dilarang masuk ke seluruh pasar tradisional yang ada di Kabupaten Temanggung.

Koordinator Operasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Temanggung, yang juga Koordinator Pasar Sosialiasi Kliwon, Ripto Susilo mengatakan, memang akan dilakukan langkah tegas kepada siapapun yang tidak memakai masker dengan tidak diperbolehkan masuk ke dalam pasar. Namun sebelum itu terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat luas, sehingga nanti tidak ada alasan untuk tidak memakai masker.

“Sebelum aturan itu ditegakkan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa mulai tanggal 15 Mei 2020, pengunjung maupun pedagang di seluruh pasar tradisional di Kabupaten Temanggung sebanyak 30 pasar, wajib memakai masker. Jika aturan dilanggar maka mereka tidak diperbolehkan masuk ke dalam pasar,”ujarnya kemarin.

Menurut Ripto, agar seluruh elemen masyarakat tahu dan paham maka sosialisasi tidak hanya dilakukan di area pasar saja tapi juga di sejumlah fasilitas umum seperti Plasa Temanggung, alun-alun, Taman Pengayoman dan lain-lain. Dia berharap masyarakat bisa memahami karena langkah tegas ini ditempuh sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Temanggung.

“Nanti saat sudah penegakkan, sejumlah pintu masuk pasar akan ditutup dan hanya pintu utama dan pintu tertentu saja yang dibuka dengan penjagaan ketat petugas. Bagi yang ketahuan tidak pakai masker disuruh ke pos untuk diedukasi dan juga diberikan masker. Sejauh ini keasadaran warga memakai masker sudah bagus sudah 95 persen, tapi masih berdesak-desakkan sehingga perlu sosialisasi social distancinynya,”katanya.


Raditia Yoni A

Tinggalkan Balasan