Nawungan Jadi Pusat Pertanian Bawang Merah

YOGYAKARTA, SM Network – Daerah Nawungan, Imogiri, Bantul menjad sentra pertanian bawang merah. Lahan seluas 110 hektar lebih kini menjadi pusat budi daya bawang merah. Anggota DPRD DIY dari Komisi B turun ke lapangan untuk mengetahui lebih jauh kondisi di sana.

Mereka mengunjungi Kelompok Tani Lestari Mulyo Dusun Nawungan 1 Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul. Program tersebut sekaligus untuk menyerap aspirasi dari petani Nawungan yang sekarang jadi pusat budi daya bawang merah ramah lingkungan.

Ketua Komisi B DPRD DIY, Danang Wahyu Broto SE MSi berharap Desember nanti 2020 darurat Covid-19 sudah selesai sehingga wakil rakyat dapat membahas anggaran tahun 2021 yang salah satunya untuk mendukung pertanian bawang merah.

Ketua Kelompok Tani Lestari Mulyo Dusun Nawungan 1 Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul, Juwari mengatakan, di wilayahnya budi daya bawang merah sejak tahun 1992. Namun waktu itu persoalan air menjadi kendala. Dalam perjalanannya, petani sudah mendapatkan solusi dengan adanya sumur bor.

Musim Tanam

Juwari mengungkapkan, musim tanam (MT) pertama padi tadah hujan sudah berlangsung kemudian MT 2 di bulan Mei masuk tanam bawang merah. Pada Bulan Agustus juga masuk MT bawang merah. “Pada bulan Mei, lahan seluas 110 hektar ditanami bawang merah.

”Kemudian MT 3 hanya 40 hektare lahan yang bisa ditanami karena keterbatasan air. Kendati demikian kami kompak agar dapat berkembang bersama,” tandas Juwari.

Keunggulan kelompok tani tersebut selalu memanfaatkan pupuk kandang dengan kebutuhan per 1.000 meter mencapai 3 hingga 4 ton. Bahkan untuk memenuhi tingginya kebutuhan pupuk kandang, petani mendatangkan dari Purworejo hingga lereng Merapi.

Tinggalkan Balasan