ilustrasi

TEMANGGUNG, SM Network – Jumlah warga Kabupaten Temanggung yang terpapar Covid-19 atau korona dari hari ke hari semakin banyak, dan menempatakan wilayah ini dalam kategori red zone atau zona merah Covid-19. Jika selama ini penularan berasal dari transmisi luar saat ini sudah ada tranmisi lokal.

Namun mirisnya, transmisi lokal ini penularannya terjadi dari seorang bapak kepada anaknya. Ikhwal penularan kepada anak kandung ini terjadi karena sang bapak sebelumnya mengikuti Ijtima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Saat ini sudah ada tranmisi lokal satu orang warga Kecamatan Temanggung berusia 7 tahun. Dia tertular bapaknya yang juga merupakan peserta jamaah ijtima Gowa. Bocah ini sekarang sudah ditangani oleh Dinas Kesehatan di bawa ke RSUD Temanggung,”ujar Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, kemarin.

Menurut Hadik, penularan bapak kepada anak ini menandai kasus pertama di Kabupaten Temanggung, terjadinya transmisi lokal virus Korona. Saat ini kondisi bocah malang itu sudah di rawat di RSUD beserta ibunya.

Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Temangung Gotri Wijianto mengatakan, ibu dari anak itu juga di rawat di rumah sakit sebab tidak mungkin anaknya seorang diri di rumah sakit. Terlebih selama ini sang ibu juga menjalin kontak erat dengan suami dan anaknya tersebut sehingga sangat rentan. Kepada yang bersangkutan juga akan dilakukan rapid test dan swas test guna mengetahui kondisinya apakah terpapar atau tidak.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung akan terus melakukan tracking kepada kontak dekat klaster Gowa ini. Kami juga minta kejuran mereka bagi siapa saja yang kontak dengan mereka untuk melapor ke Tim Gugus Covid-19,”katanya.


Raditia Yoni Ariya

3 KOMENTAR