MUI Wonosobo Imbau Masjid Tidak Gelar Salat Jumat

WONOSOBO, SM Network – Menyikapi telah ditetapkanya Indonesia darurat Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo dan merebaknya virus tersebut di Jawa Tengah (Jateng) khususnya Wonosobo, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wonosobo menyelenggarakan Rapat koordinasi tindak lanjut Fatwa MUI No.14 Tahun 2020 dan seruan bersama MUI Jateng tentang penyelenggaraan ibadah di Masjid dalam situasi darurat Covid-19 di Ruang rapat Rektorat Universitas Sains Al-Qur’an, Kamis (26/3).

Ketua MUI Wonosobo, Muchotob Hamzah saat dihubungi Suara Merdeka mengatakan, terdapat beberapa taushiyah atau seruan bersama yang telah disepakati oleh Pimpinan MUI Wonosobo bersama sejumlah Pimpinan Ormas dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Salah satu seruan tersebut ditujukan kepada pengelola Masjid dan umat Islam Wonosobo untuk tidak melaksanakan salat Jumat pada tanggal (27/3) dan menggantikanya dengan salat Dzuhur di kediaman masing-masing.

Rapat yang turut dihadiri oleh Ketua PC NU Wonosobo Ngarifin Shidiq,Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonosobo, Basuki Yulianto, dan berbagai Ormas Islam lain di Wonosobo tersebut juga menghasilkan keputusan, untuk tidak melakukan jamaah sholat lima waktu namun tetap mengumandangkan adzan. “

Untuk pelaksanaan salat jumat dan jamaah rawatib atau salat lima waktu akan dikeluarkan seruan berikutnya sesuai dengan perkembangan situasi,” jelasnya.

Dalam surat keputusan yang ditandatangi oleh berbagai Ormas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Jaelan, serta Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Wonosobo, Isnanto tersebut ditujukan kepada seluruh Masjid dan Mushala atau tempat ibadah lain yang ada di Wonosobo.

Selain itu MUI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan orang banyak baik di Masjid, Mushala, maupun tempat lain. Hal itu diputuskan sebagai langkah penanganan Covid-19 untuk masalah peribadahan mengingat pemerintah telah menetapkan status siaga di Kabupaten Wonosobo, menjadi tanggap darurat Covid-19.


Adib Annas M

Tinggalkan Balasan