Modul Asyik Belajar Fisika Usir Kebosanan Pelajar

MAGELANG, SM Network – Pandemi Covid-19 yang merumahkan pembelajaran di sekolah tak pelak membuat pelajar bosan. Sehingga, dibutuhkan solusi agar pelajar tak cepat bosan ketika harus belajar di rumah dalam waktu yang tak bisa ditentukan.

Kondisi ini yang kemudian memunculkan ide Akrima Amalia (20), mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) untuk membuat modul “Asyik Belajar Fisika”. Modul ini berisi percobaan-percobaan fisika sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

“Modul ini juga berisi penjelasan konsep percobaan, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada pembacanya,” ujarnya kepada Suara Merdeka, Kamis (13/8).

Dia menuturkan, modul ini dibuat untuk program mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dan diterapkannya di Dusun Malanggaten, Desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Saat menjalani KKN, Akrima dibagikan secara gratis dengan cara door to door ke masyarakat.

Selain membuat modul, Akrima juga mengadakan sosialisasi “Digital Marketing” kepada ibu-ibu yang memiliki usaha sampingan sebagai pengrajin anyaman bambu, penjahit kain perca, pedagang bubur ayam, bakso, dan lainnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan produk usaha sampingan tersebut,” kata mahasiswa dari dosen pendamping lapangan (DPL) dr Farmaditya Eka Putra MSi Ph D ini.

Tidak hanya dari segi pendidikan dan ekonomi, mahasiswa ini juga membantu pemerintah dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid 19 dengan mengadakan penyuluhan bahaya pandemi Covid 19.

“Dalam KKN ini, saya pun ikut memberikan pencerdasan mengenai tatanan hidup baru, yaitu dengan menggunakan masker ketika bepergian, mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer, dan menerapkan social distancing. Saya harap Modul Asyik Belajar Fisika ini dapat bermanfaat bagi pelajar yang kini belajar di rumah,” jelasnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan