Meski Ditengah Pandemi, Penutupan Wisuda Taruna Akmil Tetap Dilakukan

MUNGKID, SM Network – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa secara langsung memimpin upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Akademi Militer (Akmil) tingkat IV T.P 2019/2020 di lapangan Pancasila Komplek Akmil Magelang, Senin (6/7). Sebanyak 254 Taruna/Taruni Akademi Militer yang terdiri dari 234 orang Taruna dan 20 orang Taruni diwisuda dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Barusan saya menutup pendidikan sekaligus mewisuda sarjana 254 taruna militer tingkat empat, yang jika tidak ada perubahan pada tanggal 16 besok akan dilantik sebagai perwira oleh presiden,” ujar Jendral Andika, usai memimpin upacara yang didampingi oleh Letjen TNI Marinir Bambang Sus, Panglima Kostrad Letjen TNI Besar Harto, Komandan Komando Pendidikan Doktrin dan Latihan AD Letjen TNI Putranto, dan Gubernur Akmil Letjen Dudung.

Setelah dilantik nantinya para Taruna/Taruni masih harus menjalankan penataran intelejen dan dilanjutkan dengan penataran sebagai pelatih. “Masih ada dua bulan lagi. Kemudian setelah itu mereka akan ditempatkan diseluruh wilayah Republik Indonesia,” jelasnya.

Setelah menjalani penataran para Taruna/Taruninyang sudah dilantik tersebut akan diprioritaskan untuk ditempatkan pada satuan-satuan yang selama ini dianggap agak kurang. “Memang secara organisasi desainnya sudah ada, tetapi realita atau kenyataannya itu memang antara satuan yang satu dan lainnya berbeda. Jadi kita akan berusaha memenuhi dahulu satuan-satuan apakah satuan tempur, satuan bantuan tempur, administrasi, di tempat-tempat yang kekurangannya lebih banyak. Itulah prioritasnya,” ungkap Kasad.

Namun, lanjut Jenderal Andika, untuk sekarang ini belum dikeluarkan jabatan dan penempatan mereka. Sementara itu, dalam upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Akademi Militer (Akmil) tingkat IV T.P 2019/2020 tidak ada sambutan. Sambutan sendiri sudah dilakukan secara terpisah dua hari sebelumnya, yakni hari Sabtu (4/7).
“Jadi Sabtu kemarin sambil olahraga, saya memberikan arahan kepada mereka sambil titip-titip beberapa pesan,” paparnya.

Karena acara tersebut dilakukan di masa pandemi Corona-19 maka Akmil menerapkan protokol kesehatan secara ketat, salahsatunya pengalungaan samir kepada wisudawan peroleh Adi Makayasa dan Anindya Wiratama dilakukan secara individu dengan disaksikan secara langsung oleh Jenderal Andika Perkasa sebagai pemimpin upacara.

“Karena dilakukan di masa pandemi, kami menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sehingga tetap kita jaga sebisa mungkin,” ujarnya.
Diketahui peroleh Adi Makayasa tahun ini adalah Angga Andhika Yudha, yakni Taruna tingkat IV dari jurusan Manajemen Pertahanan asal SMA Taruna Nusantara. Kemudian perolah Anindya Wiratama yakni Heny Puspitasari, yakni Taruna tingkat IV dari jurusan Administrasi Pertahanan asal SMA 1 Toroh Grobogan.


Dian Nurlita

Tinggalkan Balasan