Merdeka Belajar Perluas Ruang Perguruan Tinggi

YOGYAKARTA, SM Network – Pandemi Covid-19 menegaskan harapan pada perguruan tinggi sebagai institusi publik untuk turut serta mewujudkan tatanan kehiduan yang lebih adil dan setara. Diberlakukannya kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) memberi ruang yang semakin besar untuk mengembangkan model pembelajaran.

“Perguruan tinggi bisa semakin leluasa mengembangkan pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa intens membangun koneksi dengan komunitas dan masyarakat,” papar Dosen Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD), Monica E Madyaningrum saat menyampaikan pidato ilmiah rangkaian Dies Natalies ke-65 USD, Jumat (18/12).

Selama ini, aktivitas akademis dieksklusifkan bagi pengembangan intelektualitas, dan sisi humanisme diasah melalui kegiatan non akademis. Kehadiran MBKM membuka kemungkinan bahwa aktivitas sosial kemasyarakatan yang ditekuni mahasiswa justru menjadi bagian pokok dari proses dan capaian akademisnya.

“Dengan kata lain, kebijakan ini membuka lebih banyak peluang dikembangkannya model dan aktivitas pembelajaran, yang darinya mahasiswa bisa mengasah komitmen solidaritas, keadilan, dan kesetaraan,” urai Monica.

Sementara itu, Rektor USD Johanes Eka Priyatma dalam laporan tahunannya menyampaikan, tantangan terberat institusi pendidikan di masa pandemi ini adalah mengoptimalkan pendampingan terhadap mahasiswa supaya tetap dapat belajar dengan baik.

Ada dua langkah besar yang telah dilakukan civitas USD dalam menyikapi pandemi ini. Pertama adalah menyiapkan seluruh pihak dan aspek supaya pelaksanaan kegiatan tridharma dapat dilangsungkan meski tana interaksi tatap muka. Kedua dengan mengatur tata kerja dan penyesuaian program kerja supaya kampus tetap dapat menjadi lingkunhgan yang sehat dan berkualitas.

“Hasil survei kepuasan pembelajaran dalam dua semester terakhir menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Mahasiswa tidak mengalami penurunan kepuasan terhadap pengalaman belajar daring di semester gasal tahun ajaran 2020/2021,” katanya. Pada tahun akademik 2020/2021, USD mendapat kepercayaan untuk mendidik 2.620 mahasiswa baru.

Tinggalkan Balasan