Merapi Menggemuk

JOGJAKARTA, SM Network – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkapkan Gunung Merapi mengalami deformasi pada tubuhnya. Gunung tersebut menggemuk atau terjadi penggembungan di tubuh gunung yang menunjukkan adanya aktivitas magma naik ke permukaan. Dengan deformasi tersebut, BPPTKG memperkirakan perilaku erupsi Merapi akan mengikuti erupsi tahun 2006.

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida menjelaskan Merapi memang mengalami deformasi. Tercatat, sejak 26 Juni hingga 2 Juli lalu, ada perubahan yang ditandai pemendekan jarak tunjam sebesar kurang lebih 2 sentimeter.

“Pemendekan jarak tunjam ini terlihat dari metode EDM (Electronics Distance Measurements). Prinsip kerja metode ini akan memancarkan sinar inframerah ke reflektor yang dipasang di tubuh gunung api, lalu reflektor akan memantulkan kembali sinar tersebut ke alat,” ungkapnya melalui penjelasan tertulis.

Lebih lanjut dijelaskan, di lereng Merapi dipasang cermin, lalu jarak cermin ke alat EDM diukur setiap hari. Saat gunung mengalami inflasi (menggembung), maka jarak antara cermin dan alat akan memendek.

Meski begitu, deformasi dalam rentang 2 sentimeter tersebut terhitung masih kecil dibandingkan dengan fase sebelum erupsi Merapi tahun 2010 lalu.

Deformasi atau perubahan bentuk bisa inflasi atau deflasi bagi gunung berapi disebutkan BPPTKG hal yang biasa karena menunjukkan magma yang naik ke permukaan.

Berdasarkan data tersebut Hanik menyampaikan, masyarakat tidak perlu panik, karena naiknya magma ke permukaan merupakan hal biasa.

“Potensi ancaman bahaya masih sama, luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan lontaran material akibat erupsi eksplosif, jarak bahaya juga masih sama, yaitu dalam radius 3 km dari puncak” tandas Hanik.


Dananjoyo

6 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  3. 680986 590642Thank you for sharing with us, I conceive this internet site genuinely stands out : D. 57947

  4. 428378 681880This website is my aspiration , really amazing pattern and perfect articles . 327258

Tinggalkan Balasan