Menanak Nasi, Satu Rumah Hangus Terbakar

WONOSOBO, SM network – Sebuah rumah kosong milik Nurohman (40), warga Dusun Lengkong Kidul RT 46 RW 13 Desa Binangun Kecamatan Watumalang Wonosobo, Selasa (7/6), sekitar jam 07.30 WIB, ludes dilalap api hingga kondisi rumah kini rata dengan tanah.

Hangsunya rumah tersebut diduga akibat arang api yang masih menyala selepas menanak nasi. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Kasi Trantibmas) Kecamatan Watumalang Ony Wiyono melaporkan rumah terbakar kali pertama diketahui Sistono dan Luki Resahno, warga setempat, yang kebetulan saat kejadian sedang berada di ladang.

“Ketika diketahui warga, rumah yang terbakar hampir seluruh bangunannya sudah habis. Peristiwa kebakaran rumah tersebut tidak segera diketahui warga karena letaknya di tengah ladang. Jauh dari pemukiman warga lainnya,” ujar Ony.

Mengetahui ada rumah terbakar saksi mengabari warga lain. Mereka lalu segera berhamburan menuju tempat kejadian perkara (TKP). Berkat kesigapan warga, Muspika Watumalang, relawan penanggulangan bencana dan Perangkat Dusun Lengkong Kidul, api segera bisa dipadamkan.

Api yang membakar rumah kosong diduga berasal dari sisa arang di tungku dapur yang masih menyala. Pasalnya, malam hari, Nur Muhyadil (65) ibu korban, sempat membuat api di tungku untuk memasak nasi. Setelah matang nasi dibawa pulang ke rumah yang ditinggali.

“Berdasarkan keterangan ibu korban, rumah tidak pernah ditinggali anaknya karena merantau di Bangka Balitung Sumatera. Dirinya tidak tahu kalau api di tungku yang baru saja dibuat masih tersisa. Setelah selesai menanak nasi tungku langsung ditinggal pergi begitu saja,” jelasnya.

Danramil 02/Watumalang Kapten Inf Bintaro mengatakan, api berhasil dipadamkan meski menggunakan alat seadanya. Warga setempat bersama Babinsa bergotong royong untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah warga Watumalang tersebut.

“ Kepada warga agar selalu berhati-hati, terutama jika akan meninggalkan rumah, harus benar-benar dicek keberadaan rumah dan lingkungannya agar tidak terjadi hal yang tidak diiinginkan,” tandasnya.


Adib Annas M/Kim

2 Komentar

  1. 955915 181734This will probably be a terrific blog, would you be interested in performing an interview about just how you developed it? If so e-mail me! 60783

  2. 266428 668463Great post, I conceive website owners really should larn a great deal from this internet site its really user friendly . 544126

Tinggalkan Balasan