SM/Arif Widodo - BERSAMA WARGA : TNI bersama warga Desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kebumen saat peninjauan Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf Afianto di lokasi TMMD, Senin (15/3).

KEBUMEN, SM Network – Hambatan medan sulit di lokasi TMMD Desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kebumen tak menghalangi langkah Anggota Kodim 0709 Kebumen dalam membangun jalan rabat beton sepanjang 970 meter. Begitu pula pengerjaan kegiatan fisik lainnya berupa rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak lima unit.

“Kesulitan droping materialnya kita upayakan dengan ditarik eskavator,” ungkap Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang saat menerima kunjungan Kasrem 072 Pamungkas, Kolonel Inf Afianto, Senin (15/3).

Warga Desa Sidoagung pun antusias melaksanakan program TMMD tersebut. Selain itu warga Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar. Mengingat, jalan rabat beton yang tengah dikerjakan itu menghubungkan desa setempat.

“Selain menghubungkan antar desa, jalan tersebut juga menghubungkan antar kecamatan,” ucap Camat Sruweng Suyitno yang menerima kunjungan Kasrem Afianto didampingi Kasi Ter Korem 072 Pamungkas, Kolonel Inf Teguh Wiyono di Balai Desa Sidoagung.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih dengan adanya program TMMD di Desa Sidoagung. Selanjutnya Kasrem Afianto bersama rombongan meninjau lokasi TMMD dengan mengendarai motor dan berjalan kaki.

Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf Afianto menekankan mengenai kesanggupan memikul amanah-amanah. Termasuk program TMMD yang disebutnya merupakan amanah berupa pekerjaan.

“Ya. Pekerjaan merupakan amanah yang keempat. Amanah pertama adalah amal, kedua orang tua dan leluhur, ketiga istri dan anak, amanah keempat pekerjaan dan amanah kelima lingkungan,” tuturnya.

Untuk amanah yang terakhir, lanjut Kasrem Afianto, terdapat tiga makhluk yaitu manusia, tumbuhan dan binatang, yang ditekankan agar terus dijaga supaya membawa keseimbangan dalam kehidupan.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0709 Kebumen Kapten Inf Agus Handoyo menyampaikan pelaksanaan TMMD kali ini terberat dibandingkan sebelum-sebelumnya. Terutama karena cuaca yang sering hujan, sehingga kian menyulitkan droping materialnya. “Tapi antusias masyarakat cukup tinggi untuk mensukseskan program TMMD di Desa Sidoagung,” tegas Agus.