SM/Supriyanto - TINJAU PERBATASAN: Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat meninjau Pos Check Point di perbatasan Kebumen-Cilacap.

KEBUMEN, SM Network – Seluruh warga masyarakat yang akan memasuki Kabupaten Kebumen wajib dilakukan skrining. Hal itu untuk memastikan petugas Pos Check Point dan Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2020 Polres Kebumen tidak kecolongan, ada warga dari luar Kebumen yang sakit luput dari skrining petugas.

“Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, warga masyarakat akan diberikan gelang sesuai kondisi kesehatan dari petugas yang ada di Pos tersebut,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat meninjau Check Point dan Pos Terpadu Opserasi Ketupat Candi 2020 di pos Ayah dan Rowokele, kemarin. Gelang biru untuk orang dalam pemantauan (ODP) dan gelang pink untuk pasien dalam pemantauan (PDP).

“Semua wajib dilakukan skrining dan pengecekan kesehatan di Pos Check Point ataupun Pos Terpadu. Ini untuk memutus mata rantai penularan Corona Covid-19 di Kebumen,” jelas AKBP Rudy.

Di Kebumen total ada enam Pos Check Point atau Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2020 Polres Kebumen yang ditempatkan di wilayah perbatasan yakni di Kecamatan Mirit, Prembun, Padureso, Rowokele, Sempor, dan Kecamatan Ayah. Saat dilakukan pengecekan oleh Kapolres Kebumen bersama pejabat utama Polres, Pos Check Point ataupun Pos Terpadu sudah sangat siap melakukan tugasnya.

Namun demikian, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat Kebumen yang berada di zona merah seperti DKI Jakarta dan sekitarnya untuk menunda pulang kampung.

“Ini tugas bersama, tanggung jawab bersama. Mari bersama-sama, kami imbau betul untuk saling patuh dan peduli memutus penyebaran Covid-19 di Kebumen,” kata AKBP Rudy.

Meski jumlah kasus terus meningkat, banyak warga masyarakat mengabaikan kesehatannya tidak mengenakan masker dan bergerombol tidak menerapkan pola “physical distancing” sesuai anjuran Pemerintah.

“Kalau kita perhatikan, banyak masyarakat kurang peduli terhadap kesehatannya sendiri, tidak mengenakan masker. Ini sangat disayangkan sekali,” kata AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Sub Satgas Binmas Ops Ketupat Candi 2020, patroli ke Pasar Bandung Sruni Kecamatan Alian memberikan imbauan pentingnya mengenakan masker. Polres Kebumen akan lebih masiv lagi menggelar patroli mengimbau masyarkat agar mengenakan masker. “Mari jadikan masker sebagai kebutuhan pokok saat ini,” ungkap AKBP Rudy.


Supriyanto

1 KOMENTAR