Masjid Kampus UGM Mulai Tak Gelar Salat Jumat

SLEMAN, SM Network – Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Jumat siang (20/3) besok rencananya mulai tidak menggelar ibadah Salat Jumat. Hal ini dilakukan sebagai imbas merebaknya virus Covid-19 di sejumlah lokasi di Tanah Air, termasuk di DIY.

“Mungkin tidak hanya dua (salat) Jumat tapi bisa sampai tiga (salat) Jumat kedepan. Kegiatan rutin seperti kajian juga sudah kami liburkan sejak pekan lalu,” imbuh Ketua Takmir Masjid Kampus UGM Mashuri, Kamis (19/3). 

Menurut dia, peniadaan Salat Jumat ini dilakukan sesuai dengan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membolehkan jika ada sesuai yang ditrasa tidak ama dan membahayakan diri bisa tidak Salat Jumat di Masjid.

“Di sisi lain, sebagian jamaah merupakan musafir dari jauh, mungkin luar kota yang sedang dalam perjalanan dan memilih untuk ikut jamaah di Masjid Kampus. Ini sangat riskan karena kami tidak tahu apakah mereka membawa virus atau tidak. Posisi Masjid Kampus menjadi sulit untuk dikontrol. Akhirnya kami memutuskan untuk ditiadakan,” paparnya.

Selain sudah meniadakan ibadah salat yang menghadirkan orang banyak, ungkap Mashuri, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah pencegahan korona di masjid tersebut. Langkah itu seperti menyemprotkan cairan desinfektan setiap hari seluruh areal masjid serta menyiapkan hand sanitizer di beberapa titik.

“Tapi kami tidak bisa menghalangi orang yang ingin datang untuk sholat, bagaimanapun masjid itu tempat terbuka, kalau saya menghalangi itu dosa. Makanya kami lakukan sejumlah langkah preventif bagi orang yang punya keyakinan untuk tetap salat di masjid. Kami tak bisa melarang ya, tapi dianjurkan mereka membawa sajadah sendiri-sendiri dan ketika memang kebetulan bareng berjamaah ya diberi jarak sesuai anjurannya. Tidak perlu salam-salam atau berangkulan,” tutur dia.

Lebih lanjut Mashuri menjelaskan, sebagian besarjamaah Masjid Kampus UGM adalah warga kampus baik itu dosen, karyawan maupun mahasiswa.

“ Ketika sudah ada keputusan belajar di rumah maka kebutuhan masjid itu sudah tidak urgent lagi,” tambah dia. (Gading Persada)

1 Komentar

  1. 195350 194373Hello, Neat post. Theres an concern together together with your site in internet explorer, may well check this? IE still is the marketplace leader and a huge component to folks will omit your great writing because of this problem. 630385

Tinggalkan Balasan