Masih Berlakukan Daring, Disdik Sleman Inisiasi Sembada Belajar

SLEMAN, SM Network – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman hingga saat ini belum memberlakukan pembelajaran tatap muka. Sejak 23 Maret lalu, otoritas setempat menerapkan kebijakan pembelajaran dengan sistem daring di rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Untuk mendukung belajar di rumah, Pemkab Sleman menggulirkan program Sembada Belajar. Plt Kepala Disdik Sleman Arif Haryono menerangkan, Sembada Belajar adalah pembelajaran dengan metode daring melalui video, salah satunya lewat media kanal Youtube.

Kanal tersebut dibuat untuk menunjang pembelajaran daring bagi siswa SD. “Natinya program tersebut akan memberikan materi pembelajaran kelas 1 hingga kelas 6 selama semester gasal pada tahun ajaran 2020/2021,” kata Arif, Rabu (19/8).

Materi yang akan diberikan sudah disusun sedemikian rupa sehingga runtut, dan sesuai dengan kurikulum 13. “Sembada Belajar akan menyampaikan 27 tema pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan kurikulum semester pertama sampai bulan Desember 2020,” tambahnya.

Talent yang menyampaikan materi pada chanel Youtube Sembada Belajar aalah guru-guru sekolah yang ada di Sleman. Penyampaiannya juga diupayakan menggunakan metode yang lebih interaktif, dan komunikatif sehingga mudah diterima peserta didik. Dibuat seolah guru berkomunikasi dengan siswa.

Dia mengakui pembelajaran tersebut tidak akan bisa mencapai target kurikulum. Namun setidaknya, Pemkab terus berupaya untuk memberikan pola belajar-mengajar yang efektif dengan materi yang runtut selama masa pandemi, dan tidak keluar dari alur kurikulum 13.

“Untuk menghindari kejenuhan siswa dan orang tua yang mendampingi dalam melakukan pembelajaran daring, maka pembelajaran dibatasi dengan minimal durasi selama 4 jam,” ujarnya.

Nantinya materi pembelajaran akan ditambah jika pusat mengambil kebijakan untuk memperpanjang masa belajar di rumah. Konsep belajar lewat channel Youtube itu sendiri tidak hanya digunakan pada waktu pandemi saja.

“Ke depannya ketika pembelajaran tatap muka dilaksanakan, dapat dimanfaatkan peserta didik untuk belajar dirumah,” kata Arif.

Pihaknya pun terbuka menerima saran dan kontribusi masyarakat untuk pengembangan materi pada pembelajaran daring tersebut. Termasuk masukan perihal materi yang mungkin terlewatkan di program Sembada Belajar.


Amelia Hapsari

3 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. 833338 402363I like this internet site because so a lot helpful stuff on here : D. 651471

  3. 898929 765670Definitely composed written content , thanks for info . 577844

Tinggalkan Balasan