Masih 19 Tahun, Pemuda Ini Nekat Edarkan Ganja di Wonosobo

WONOSOBO, SM Network – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Wonosobo berhasil mengamankan seorang pemuda bernama Agus Rainain (19 tahun) setelah nekat mengedarkan ganja di Wonosobo. Tak hanya di Wonosobo, pemuda asal Temanggung tersebut juga telah berhasil mengedarkan sebagian ganja di Temanggung.

Wakapolres Wonosobo Kompol Sigit Ari Wibowo mengatakan, pelaku tertangkap di pertigaan Kertek tepatnya di depan BMT Tamziz Kecamatan Kertek baru-baru ini. Dari keterangan pelaku, Sigit menjelaskan, pelaku mendapatkan ganja dari seorang bandar di Temanggung sejumlah 10 paket dan sudah diedarkan lima paket di Temanggung dan lima paket akan diedarkan di Wonosobo.

Tak hanya Agus, Satresnarkoba Polres Wonosobo juga berhasil membekuk Guntur Akbarsyah warga Jlegong Sukoharjo Wonosobo pengedar pil koplo berjenis trihexyphenidyl. Sigit mengatakan, Guntur juga masih berumur 19 tahun.
“Guntur sendiri dibekuk di komplek terminal Sawangan Leksono. Setelah digeledah ditemukan 1020 pil trihexyphenidyl. Dari keterangan tersengka pil tersebut akan diedarkan di area Kecamatan Sukoharjo dan Kabupaten Banjarnegara.

Pil ini termasuk jenis narkotika karena bisa menyebabkan efek halusinasi,” terangnya dalam konferensi pers di Mapolres setempat, kemarin. Agus Rainain dijerat dengan pasal 111 ayat 1 UU No 35/2009 tentang narkotika. Ancaman hukuman yang diberikan minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun. Sedang Guntur Akbarsyah didakwa dengan pasal primer 197 jo pasal 106 ayat (1) subsider pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) UU No 36/2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 15 dan denda Rp 1 miliar.

“Barang bukti berupa 5 paket ganja dan 1.020 pil dari keduanya kini disita Satresnarkoba Polres Wonosobo. Guna mempertanggungjawabkan perbuatan mengedarkan barang haram, kedua pelaku kini terpaksa meringkuk di tahanan Polres Wonosobo,” katanya.


Adib Annas M/dib

Tinggalkan Balasan