SM/Aris Himawan - MUSCAB : Fran Suharmaji (urutan keempat dari kiri) dan Gus Mahfud (tiga dari kiri) foto bersama pengurus usai ditetapkan sebagai Ketua Dewan Tanfidz dan Ketua Dewan Syura dalam Muscab PKB di Hotel Ganesha Purworejo, kemarin.

PURWOREJO, SM Network – Mantan Direktur Utama (Dirut) PD. BPR Bank Pasar 69 Magelang, H Fran Suharmaji terpilih menjadi Ketua Dewan Tanfidz Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purworejo Masa Bakti 2021-2026. Sementara jabatan Dewan Syura DPC PKB Kabupaten Purworejo dipercayakan kepada KHR Mahfud Chamid atau Gus Mahfud.

Penetapan keduanya tertuang dalam Surat Persetujuan Penetapan Nomor: 5672/DPP/02/III/2021 yang ditandatangani Ketua DPP PKB, A Muhaimin Iskandar, dan Sekretaris Jenderal, M Hasanuddin Wahid, tertanggal 4 Maret 2021. Pembacaan surat persetujuan penetapan tersebut dilakukan dalam acara Musyawarah Cabang (Muscab) PKB Kabupaten Purworejo yang dihadiri Dewan Syura, pengurus DPC, serta 16 Ketua PAC di Hotel Ganesha Purworejo, Sabtu (6/3).

Dalam surat itu, DPP juga menetapkan Toha Mahasin sebagai Sekretaris Dewan Tanfidz DPC dan H Sokhibal Untung sebagai Bendahara Dewan Tanfidz. Kemudian Habib Abdurahman sebagai Sekretaris Dewan Syura.

Ketua DPP PKB, dalam sambutan arahannya secara virtual menegaskan bahwa ada standar kinerja yang harus dipenuhi oleh pengurus DPC baru selama 1 tahun kepengurusan. Jika tidak dapat memenuhi, maka akan dilakukan penggantian oleh DPP.

“Karena itu saya minta kepada ketua-ketua DPC untuk dapat memanfaatkan waktu satu tahun ke depan dengan sebaik-baiknya,” tegas Muhaimin Iskandar.

Muhammad Hendri Wicaksono, Wakil Ketua DPW PKB Provinsi Jawa Tengah selaku Plt Ketua DPC PKB Kabupaten Purworejo dalam satu tahun terakhir, menyebut 5 orang yang ditetapkan oleh DPP tersebut merupakan hasil usulan dari 16 PAC dan DPC dalam masa Pra-Muscab.

“Hari ini dalam Muscab, struktur pengurus DPC akan langsung disusun dan selanjutnya dikirim ke DPP untuk mendapatkan persetujuan atau SK Kepengurusan. Dari SK itu akan ditindaklanjuti dengan pelantikan dan musyawarah kerja, “ sebutnya.

Diungkapkan, sesuai arahan dari Ketua DPP PKB, Pengurus DPC PKB Kabupaten Purworejo yang baru mempunyai tanggung jawab utama jangka panjang yakni memenangkan pemilu serentak tahun 2024, meskipun ini seluruh partai masih menunggu hasil pembahasan UU Pemilu. Kemudian sesuai arahan DPP, pengurus DPC juga harus dapat memenuhi standar kinerja dalam satu tahun ke depan, baik internal maupun eksternal.

“Banyak indikator kinerja, baik bersifat politis, administratif, maupun yang bersifat relation atau jaringan ya. Selama setahun ini nanti ada monitoring progresnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Fran Suharmaji saat dikonfirmasi mengaku siap untuk menakhodai DPC PKB di Kabupaten Purworejo sesuai arahan DPP dan DPW. Terkait standar kinerja satu tahun ke depan, pihaknya optimistis dapat menjalankan semaksimal mungkin bersama pengurus lain.

“Program kerja yang lama, yang baik, tentu akan kita lanjutkan, termasuk rekonsialisasi ke bawah sampai tingkat ranting. Dan nanti tentunya ada program kerja lain yang bersifat inovasi,” katanya.

Muscab DPC PKB Purworejo berlangsung serentak dengan sejumlah DPC lain se-Jateng dan DIY. Selain menetapkan Dewan Tanfidz dan Dewan Syuro, Muscab PKB juga membahas laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya, penyusunan struktur organisasi, dan evaluasi program kerja.