Mantan Anak Jalanan Diajak Lestarikan Budaya Lokal

ALIAN – Puluhan mantan anak jalanan yang tergabung dalam Santri Fajim (Forum Anak Jalanan Insyaf, Mengaji) diajak untuk ikut melestarikan budaya lokal khas Kebumen. Salah satunya melalui pertunjukan musik Jamjaneng atau janengan yang diselenggarakan Pondok Pesantren Alhasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian Kebumen di Padepokan Santri Fajim Komplek Pondok setempat.

Mereka pun diajak turut melantunkan Sholawat dengan iringan musik Grup Jamjaneng Al Hidayah dari Desa setempat.

Ketua Santri Fajim Kebumen Ustadz Asyhari Muhammad Alhasani yang juga pengasuh Ponpes Alhasani Alian mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda dan sekaligus nguri-nguri budaya ditengah arus modernisasi yang kian menjadi-jadi.

“Kita ingin mempertahankan budaya lokal asli Kebumen agar tidak punah ditelan jaman,’’ ujar pria yang akrab di sapa Gus Hari itu.

Dijelaskan Gus Hari, Jamjaneng adalah jenis seni islam yang menggunakan iringan kendang, gong, kempul (ukel), kemeng, thuling (kenthung) dengan nyanyian lagu religi yang bernafaskan Islam. Dan konon, Jamjaneng ini hanya ada di Kabupaten berslogan Beriman ini.

‘’Jamjaneng merupakan warisan leluhur yang harus kita jaga dan pelihara. Tidak hanya seni bahkan banyak makna didalamnya,’’ imbuh Gus Hari.

Sementara itu, menurut salah satu santri Fajim Puji Tato, dengan adanya acara seperti ini bisa menambah wawasan bagi generasi muda agar tidak mudah terjerumus pada pergaulan bebas dan budaya luar yang sering berdampak kurang baik.

“Ini baru pertama kalinya saya belajar Jamjaneng dan ternyata banyak pesan pesan religious yang disampaikan melalui lantunan sholawat. Semoga ini bisa menambah wawasan kami akan pentingnya mengenal budaya yang seharusnya dipertahankan,’’ ujar Puji Tato.


Arif Widodo/K5

5 Komentar

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

Tinggalkan Balasan