Magelang Punya Tempat Dupa Terbesar di Asia

MUNGKID, SM Network – Klenteng Hok An Kiong yang dibangun tahun 1871, memiliki hal unik dan berbeda dari klenteng pada umumnya. Klenteng yang berada di Jalan Pemuda Kecamatan Muntilan tersebut, memiliki hio loo atau tempat dupa terbesar di dunia. Benda berbentuk bulat dan diapit dua ekor naga di kedua sisinya tersebut memiliki berat 3,8 ton dengan diameter 178 cm dan tinggi 158 cm, hio loo sendiri merupakan tempat dupa terbesar di kawasan Asia, bahkan mungkin di dunia setelah Tiongkok.

Pengurus Klenteng Hok An Kiong, Budi Raharjo mengatakan, hio loo dibuat pada 2002 menggunakan bahan perunggu yang dilapis menggunakan kuningan. Hio loo sendiriri digunakan sebagai Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD), di Klenteng Hok Ang Kiong yang menaungi umat Budha Konghuchu dan Tao.

“Hingga saat ini, hio loo yang dipesan dari China itu masih digunakan oleh warga Tionghoa. Hio loo berguna sebagai tempat media komunikasi dengan Maha Pencipta,” jelas Budi. Klenteng Hok An Kiong, lanjut Budi berasal dari kata kiong yang artinya istana.

Sedagkan Hok dari nama tuan rumah Hok tik ching shin. Sejak berdiri tahun 1871, Klenteng Hok An Kiong selalu ramai dikunjungi umat, khususnya pada perayaan Imlek. Pada perkembangannya, Klenteng Hok An Kiong mengalami renovasi pertama tahun 1906. Kemudian pada tahun 2015 dipugar kembali gapura besar setinggi 30 meter lebih, sehingga menambah kesan megah pada Klenteng tersebut.

Di dalam klenteng tersebut, terdapat altar utama tempat patung dewa bumi yaitu Khongco Hok tik Kimcing. “Patung dewa itu sudah ada sejak klenteng berdiri. Sekarang masih ada dan akan dibersihkan bersama rupang dewa lain satu minggu sebelum Imlek,” jelasnya.


Dian Nurlita

Tinggalkan Balasan